Berita

Rabu, 13 September 2023 bertempat di Ruang Literasi Perpustakaan UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya Kampus Gunung Anyar, terselenggara Talk Show bertema “Membaca, Membuka Jendela Masa Depan Generasi Milenial” bersama Dewi Kartikasari, Plt. Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional RI.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Kepala perpustakaan UINSA, Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. tepat pukul 09.00 WIB dengan dihadiri oleh 100 peserta.

“Acara Talk Show ini merupakan rangkaian dari kegiatan bernama Pekan Kunjung Perpustakaan 2023. Talkshow ini juga sebagai media informasi, bahwa perpustakaan hadir di Kampus Gunung Anyar dan siap memberikan pelayanan terbaik bagi sivitas akademika”, ujar Prof. Evi.

Dalam paparan materi yang berjudul Literasi Baca Tulis Anak, Perpustakaan, dan Era Digital Dewi menyatakan bahwa perpustakaan menjadi jembatan dalam peningkatan literasi baca tulis anak di era digital. “Zaman boleh berganti, namun perpustakaan harus tetap hadir di manapun dan kapanpun”, tegas Dewi.

Talkshow juga mempresentasikan kebiasaan anak-anak di zaman dahulu dan sekarang, dampak teknologi terhadap literasi anak, definisi dan tingkatan literasi, strategi pembudayaan kegemaran membaca, dan transformasi perpustakaan berbasis digital.

Kegiatan semakin semarak dengan adanya respon dari beberapa peserta tentang sulitnya akses sumber informasi di daerah terpencil, kurangnya pembiasaan membaca koleksi dalam format digital, kontribusi masyarakat dalam pemenuhan sumber informasi di era digital, dan strategi peningkatan budaya baca di Indonesia.

Talk Show yang dimoderatori oleh Hary Supriyatno ini juga membagikan souvenir bagi peserta teraktif dan berhasil dalam menjawab challenge selama kegiatan berlangsung. Semoga kegiatan Talk Show bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan dan wawasan peserta tentang literasi di Indonesia. (HS)