Berita

LP2M Report, Selasa, 3 September 2024

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat (LP2M) menyelenggarakan acara pembekalan Program Pendampingan Masyarakat Cegah dan Turunkan Stunting (PRODAMAS CERUNTING). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3 September 2024 di Gedung Tengku Ismail Ya’kub Lantai 9, UIN Sunan Ampel Jl. A. Yani No.117 Surabaya.

Acara ini dihadiri oleh Ketua LP2M UINSA Surabaya, Dr. H. Moh. Syaeful Bahar, S.Ag, M.Si. dan Ibu Maulidya selaku perwakilan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur.

Acara yang dibuka oleh Ketua LP2M UINSA ini berjalan dengan sangat antusias. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa tentang faktor serta dampak resiko terjadinya stunting. Oleh karena itu diharapkan semua mahasiswa peduli serta ikut berperan dalam pencegahan stunting.

“Dengan pahamnya generasi muda sekarang tentang pencegahan stunting, semoga dapat mengurangi angka stunting di generasi emas yang akan mendatang” ujar Ibu Maulidya.

PRODAMAS CERUNTING ini akan diselenggarakan di Kota Batu, Kota Pasuruan, dan Kabupaten Magetan. Dalam pembekalan PRODAMAS CERUNTING ini, turut dijelaskan pula tentang Pendekatan Keluarga Beresiko Stunting dalam periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan. Dalam acara yang dibuka dengan lagu kebangsaan ini, dijelaskan aktivitas di lapangan, antara lain adalah implementasi MBKM/KKN Tematik stunting.

Di akhir sesi, banyak pertanyaan menarik yang dilontarkan oleh peserta. Semua mahasiswa mengeluarkan seluruh hal yang ingin mereka tanyakan. “Apakah stunting itu hanya dapat dicegah dan tidak dapat diobati?” tanya salah satu mahasiswa dengan penuh antusias. Ada banyak pertanyaan luar biasa lainnya yang dilontarkan secara bersahut-sahutan oleh para peserta. Ibu maulidya menjawab satu persatu semua pertanyaan dengan sangat jelas dan gamblang.

BKKBN menyediakan platform yang dapat diakses dengan mudah. Para mahasiswa yang ingin mengetahui apapun tentang BKKBN dapat mengetahuinya lewat platform tersebut. Platform tersebut dibuat di salah satu media sosial, yaitu instagram yang pada faktanya sangat mudah untuk diakses dalam kehidupan sehari-hari. Alamat Instagram BKKBN adalah @bkkbnofficial, @penduk_bkkbn, @bkknjatimofficial.

“Mari cegah stunting untuk menuju Indonesia emas pada tahun 2045” tukas ibu Maulidya dalam closing statementnya.

(Alvi)