Berita

Menjelang Asesmen Lapangan (AL) Akreditasi Prodi Ilmu Politik oleh Tim Asesor dari Badan Akreditasia Nasional (BAN-PT) RepubliK Indonesia, Unit Pengelola Program Studi (UPPS) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serius menyiapkan tim, data, dan dokumen-dokumen pendukung yang valid dan sahih yang dibutuhkan saat asesmen aapangan. Bukti keseriusan ini dilakukan dengan melakukan rapat persiapan bersama Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN Sunan Ampel Surabaya Senin,  (13/03/2023)

Hadir dalam kegiatan persiapan AL Ketua LPM UINSA Dr. Ali Musthofa, M.Pd dan Kepala Pusat Audit Mutu Akademik, Ahmad Lubab, M.Si, Kepala Pusat Penjaminan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa, Holilah, M.Si. Kehadiran ketiganya dalam rangka memastikan validitas dan kesahihan data serta melakukan cheking data dan dokumen agar sesuai dengan standar dan tagihan yang akan diaudit oleh Tim Asessor BAN-PT.

Berdasarkan Surat Tugas dari BAN-PT bahwa kegiatan asesmen lapangan akreditasi untuk Prodi Ilmu Politik Fisip Uinsa akan dilaksanakan pada tanggal 20 dan 21 Maret 2023. Meski batas waktu terbilang sangat dekat, namun UPPS dan Prodi merasa sudah cukup siap menyambut Tim Asesor dari BAN-PT. 

Menurut Ajeng Widya Prakasita, Sekretaris Prodi Ilmu PolitiK, bahwa persiapan data dan dokumen sudah lama dilakukan bersama tim penyusun Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan tim  penyusun Laporan Evaluasi Diri (LED) yang telah dibentuk dibawah komando Wakil Dekan I FISIP UINSA Dr. Iva Yulianti Umdatul Izzah. Namun, dirinya mengaku, meski sudah menyiapkan dalam kurung waktu yang cukup lama, tetapi secara mental prodi masih merasa perlu mempersiapkan keseluruhan data dan dokumen dengan valid dan sahih agar benar-benar siap saratus persen.

“alhamdulilah kami sudah menyiapkan data dan dokumen yang sahih dan valid tetapi kami perlu memastikan bahwa data dan dokumen yang kami siapkan saratus persen benar-benar telah siap, biar pada saat asesmen kami dapat dengan mudah menunjukkan dokumen tersebut ke asesor” terangnya.

Keseriusan menyambut asesmen lapangan juga dibuktikan dengan hadir UPPS mulai dari Dekan, Dr. Abd Chalik, Wakil Dekan I, Dr. Iva Yulianti Umdatul Izzah, Wakil Dekan II, Dr. Aniek Nurhayati, Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) Fisip, Fathoni Hakim, M.Si Sekretaris GKM Zaky Ismail, M.Si, Ketua Program Studi Ilmu Politik, Noor Rohman, M.A dan seluruh Tenaga Kependidikan (Tendik) di lingkungan Fisip Uinsa.

Sementara itu, Dekan Fisip Uinsa, Dr. Abd Chalik  mengatakan, bahwa Prodi Ilmu Politik sudah siap dilakukan Asesmen Lapangan, sehingga harapan dari UPPS terhadap proses asesmen yang akan dilaksanakan pada tanggal 20-21 Maret 2023 nanti, akan berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai denga target UPPS.

“kita semua (UPPS) berharap Prodi Ilmu Politik Fisip dalam kegiatan akreditasi nanti mendapatkan akreditasi unggul” terangnya.

Sekedar untuk diketahui bahwa Prodi Ilmu Politik hingga saat ini masih berstatus terakreditasi (B) dan sedang mengajukan proses reakreditasi ke BAN-PT untuk mendapatkan akreditasi unggul di tahun 2023.  

(umam)