Berita

Prodi Hubungan Internasional

Saturday, 20 August 2022

Meneliti Kejahatan Transnasional bersama Polda Jatim

Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional, FISIP UINSA berkesempatan melakukan kegiatan magang di Polda Jawa Timur. Kegiatan magang tersebut dilaksanakan di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus); Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba); maupun di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim. Setiap mahasiswa yang melaksanakan kegiatan magang mengajukan proposal penelitian tentang peran Polda Jatim dalam menangani berbagai kejahatan lintas batas negara (transnasional) seperti terorisme, perdagangan narkoba, perdagangan manusia dan cyber crime. Di tengah kegiatan magang, mahasiswa dapat melakukan wawancara maupun mengumpulkan data lapangan untuk menyelesaikan laporan magang. Selain itu, mahasiswa Prodi HI juga berkesempatan mempelajari keterampilan baru dalam dunia kerja.

Tugas mahasiswa magang di Ditreskrimsus Polda Jatim adalah mengagendakan laporan dan merapikan berkas perkara. Kegiatan magang dimulai pukul 08:00 pagi hingga pukul 15:00 atau 16:00 sore. Proposal magang diajukan oleh mahasiswa kepada Direktur Polda Jatim, lalu dikoreksi. Mahasiswa melakukan penelitian yang sesuai dengan salah satu dari lima Sub-Direktorat, yaitu: Indaksi (Industri & Perdagangan); Perbankan (Uang Palsu); Tipikor (Korupsi); Tinpiter (Limbah, Satwa, Illegal Logging); dan Cyber crime (UU ITE). Selain itu, mahasiswa juga membatu unit cyber dalam dalam kegiatan pemeriksaan dan merevisi surat-surat. Data penelitian yang diperoleh mahasiswa dalam penelitian selama magang terkait kasus-kasus yang sudah disahkan pengadilan (kejaksaan), sehingga bukan dokumen rahasia dan memungkinkan dilanjutkan menjadi penelitian dalam menulis skripsi. Kerjasama penelitian antara universitas dengan Polda Jatim dapat terjalin dengan mengajukan proposal kerjasama kepada Direktur Polda Jatim, kemudian pimpinan akan memberikan arahan.

Demikian juga dengan Ditresnarkoba dan Ditreskrimum yang bersedia menerima mahasiswa magang dari Prodi HI UINSA, baik periode saat ini maupun periode selanjutnya. Mahasiswa yang melaksanakan kegiatan magang di Ditresnarkoba dan Ditreskrimum meneliti tentang isu-isu perdagangan narkoba, terorisme dan perdagangan manusia. Dalam kegiatan monitoring magang, dosen pendamping lapangan (DPL) dan supervisor magang membahas rencana kerjasama lebih lanjut antara Prodi HI UINSA dengan Polda Jatim, misalnya dalam menyelenggarakan acara webinar yang akan membahas isu-isu kejahatan lintas batas negara (Luthfi).