Berita

Tambak Sumur, Sidoarjo — (18/11/2023) FPK Mengajar merupakan salah satu kegiatan volunteer dari Fakultas Psikologi dan Kesehatan yang memiliki tujuan untuk berbagi ilmu kepada anak-anak dan partisipan dari para pengajarnya tentu dari para mahasiswa FPK itu sendiri. Namun tak terasa satu semester telah berlalu, kini saatnya team FPK Mengajar untuk melakukan closingan kegiatan yang telah diadakan selama satu semester penuh.

Adapun nama dari kegiatan ini adalah “One Day with FPK Mengajar” yang diselenggarakan di masjid Al-Ikhlas, Tambak Sumur, Sidoarjo. Kegiatan closingan dimulai dari pukul 15.30 hingga setengah 17.30, dan kali ini para pengajar ingin memberikan hal berkesan untuk menutup akhir periode dari volunteer mengajar mereka.

Pengisi materi ditentukan bergilir dari anak FPK mengajar itu sendiri dan tidak mengundang pemateri dari luar. Peserta yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih ada 26 orang dari Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Al-Ikhlas. Syukur, proses kegiatan berlangsung dengan lancar dari awal hingga akhir.

Agenda yang dilaksanakan oleh team FPK Mengajar tentunya sangat menarik dan anak-anak mengikuti kegiatan ini dengan begitu antusias. Pertama dari penyampaian materi yang diiringi oleh lagu dan tidak menggunakan powerpoint seperti biasanya, alasannya karena di kegiatan closingan ini mereka ingin menggunakan media pembelajaran yang fun dan anak-anak bisa enjoy dengan materi yang diberikan. Agenda berikutnya yakni mewarnai, anak-anak dibebaskan untuk menggambar seputar keluarga, sekolah, ataupun aktivitas sehari-hari.

Kegiatan berikutnya yang tak kalah seru adalah lomba puzzle. Disini anak-anak TPQ dibagi menjadi beberapa kelompok dan mereka diminta untuk menyusun puzzle dengan sempurna. Adapun puzzle yang digunakan ialah huruf hijaiyah dan alphabet. Kelompok yang berhasil menyusun puzzle dengan cepat tentu mendapatkan hadiah. Terakhir, ada menulis surat untuk diri sendiri. Maksud dari agenda yang terakhir ini adalah supaya mereka bisa mengetahui bagaimana cara mereka mencapai harapan yang diinginkan.

Tak lupa di akhir acara ada pembagian hadiah kepada kelompok pemenang lomba menyusun puzzle berupa seperangkat alat tulis. Anak-anak TPQ tentunya senang dan menikmati waktu mereka dengan team FPK mengajar. Harapannya semoga ke depannya kegiatan ini bisa terus ada dan bisa memberikan manfaat, baik bagi mahasiswa atau anak-anak nya.

Writer : Najwa Laska Halqi
Editor : Ayda Zaqiyatunnisa