Berita

Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya, baru saja melaksanakan ujian tengah semester (UTS) secara serentak sesuai kalender akademik semister genap tahun 2023. Di antaranya UTS pada mata kuliah sosiologi politik yang dilaksanakan Jum’at (5/05/2023).

UTS mata kuliah sosiologi politik dilkaukan secara tatap muka di ruang 3.4 Gedung FISIP Kampus UINSA Gunung Anyar. Pelaksanaan ini telah diikuti keseluruhan mahasiswa/i semester empat (4) kelas (a) Prodi Ilmu Ilmu Politik dengan jumlah total 30 mahasiswa. Mata kuliah yang diampu Mufiddin Niah, S.Sos., M.Ag. ini memberi tugas UTS berupa soal esai  yang telah disesuaikan berdasarkan materi  di dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang telah diajarkan/disampaikan selama 7 pertemua.

 Menurut Agnina Delia Sefina, soal-soal esai pada mata kuliah sosiologi politik dimaksudkan untuk melihat kemampuan pemahaman dan analisis mahasiswa terhadap materi-materi yang telah disampaikan selama separuh semester. Dirinya mengaku meskipun diperbolehkan untuk membuka buku catatan, buku bacaan, maupun sumber referensi lainnya baik ofline maupun online, tetapi secara substansi materi soal-soal esai yang dikerjakan sangat bergantung terhadap kemampuan mahasiswa dalam memahami materi yang disampaikan dosen pengampu.

Agnina Delia Sefina mengungkapkan, bahwa soal mata kuliah esai sosiologi politik, menurutnya termasuk soal-soal yang boleh dibilang cukup mudah dikerjakan karena dirinya telah belajar dan menelaah keseluruhan teori sosiologi politik dan studi kasusnya sesuai yang telah disampaikan dosen pengampu. Sehingga secara keseluruhan dirinya tidak begitu sulit untuk menjawab soal lantaran menurutnya soal-soal tersebut telah dijelaskan dengan cukup baik, lengkap, rinci dan dipresentasikan secara kelompok.

Sebelum pelaksanaan UTS, Agnina memiliki cara sendiri untuk menjawab esai, cara-cara tersebut yakni melakukan doa sebelum ujian, meminta doa restu kepada orang tua/keluarga, sekaligus diimbangi oleh kegigihannya berupa belajar secara serius dan sungguh-sungguh mengenai berbagai materi yang telah dipresentasikan maupun dijelaskan oleh dosen pengampu.

Meskipun telah melakukan berbagai persiapan, Agnina masih merasa sedikit tegang pada awal-awal menjawab esai, namun lama-kelamaan ia sudah dapat enjoy dalam mengerjakan karena secara keseluruhan materi esai telah dipelajari. Setelah mengerjakan esai, Agnina memiliki beberapa harapan berupa memperoleh nilai objektif sesuai kemampuan jawabannya serta dapat menerapkan ilmu yang sudah dipelajari.

Sementara itu, Monica Rahman, mahasiswa semester empat (4) Sosiologi Politik ikut menanggapi terkait pelaksaanaan UTS mata kuliah sosiologi politik.  Menurutnya soal yang telah diberikan oleh dosen pengampu sangatlah mudah dikarenakan soal yang dikerjakan sama dengan materi yang telah dijelaskan pada waktu pembelajaran berlangsung. Hampir sama dengan Agnina, ia sebelum mengerjakan UTS sudah melakukan persiapan secara matang berupa membaca buku catatan yang telah ditulisnya ketika penjelasan materi berlangsung serta membaca berbagai jurnal ataupun buku bacaan yang erat kaitannya dengan materi dari pertemuan pertama sampai pertemuan keenam. Monica merasa cukup nyaman dalam mengerjakan kelima soal-soal esai tersebut, bahkan dirinya berharap bisa memperoleh hasil yang maksimal sekaligus nilai yang sesuai dengan hasil jawaban yang telah ia tulis di kerta ujian semester.

Sekedar untuk diketahui, bahwa mata kuliah lain seperti komunikasi politik  sebelumnya telah melaksanakan ujian tengah semester untuk mahasiswa semester empat (4) di kelas sesuai jadwal pertemuan yang telah diatur di kalender akademik.

(andika)