Berita

FISIP UINSA melaksakanan kegiatan magang di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur Malaysia. Kegiatan magang ini sebagai upaya mendorong mahasiswa Hubungan Internasional Fisip Uinsa agar menambah pengalaman dan pengetahuan baru seputar hubungan bilateral Indonesia dengan Malaysia.

Kamis (02/02/2023) Salsabila Maharani dipercaya membacakan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia  Tentang Susunan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) untuk Pemilu 2024. Panitia Pemilu di KBRI ini merupakan panitia yang dipersiapkan untuk melaksakanan Pemilu langsung di luar negeri Malaysia yang akan dilaksanakan sesuai jadwal Pemilu 2024. Seperti jamak diketahui bahawa setiap keduataan Indonesia, dalam momentum demokrasi elektoral, juga melaksanakan pemungutan suara untuk DPR RI Dapil luar Negeri dan Pemilu Presiden.

Salsabila mengaku, dirinya bersyukur mendapatkan kesempatan untuk membacakan Surat Keputusan KPU RI di dalam acara Pelantikan Panitia Pemilihan Luar Negeri Malaysia untuk Pemilu 2024. Berdasarkan penuturannya, bahwa acara pelantikan dihadiri langsung oleh Duta Besar RI untuk Malaysia, Hermono, serta disaksikan oleh home staf dan perwakilan local staf KBRI Kuala Lumpur.  

Menurutnya, kesempatan tersebut menjadi pengalaman berharga bagi dirinya sebagai mahasiswa hubungan internasional. Dirinya bertekat ke depan akan memanfaatkan semua peluang yang diberikan saat magang untuk menambah pengalaman dan pengetahuan yang lebih luas.

”saya akan memaksimalkan setiap kesempatan yang dipercayakan kepada saya, semoga nanti dari magang ini bisa bermanfaat untuk karir saya ke depannya” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Jurusan, Zaky Ismail mengatakan, bahwa kegiatan magang yang dilakukan mahasiswa Prodi Hubungan Internasional merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari mata kuliah yang ditawarkan oleh Prodi Hubungan Internasional kepada mahasiswa. Magang di Prodi Hubungan Internasional diarahkan berbasis riset, karena itu mahasiswa diberi kebebasan memilih lokasi magang yang sesuai dengan topik proposal yang mereka ajukan. “Kebutulan untuk tahun ini, KBRI Kuala Lumpur menjadi tujuan dua hahasiswa HI Fisip Uinsa, di KBRI lain kami sedang berkomunikasi juga untuk keperluan distinasi magang merigutnya, seperti KBRI Istambul, Turki dan Yordania” Jelasnya.  

(umam)