Berita

SURABAYA– Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan suatu acara bertajuk “Rapat Koordinasi Tim Media”. Acara ini bertujuan untuk merealisasikan program kerja tim media FISIP UINSA terkait time line dan identifikasi konten secara sistematis.

Struktur tugas maupun pendelegasian yang jelas dan tata cara evaluasi tata kelola media internal dan kinerja komunal tim media juga menjadi sorotan. Sampai saat ini tim media merupakan bagian orang-orang yang ditunjuk oleh Wakil Dekan III FISIP. Tim media diupayakan menjadi wadah integratif antara pimpinan, dosen muda, tenaga pendidik, serta sejumlah mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang jurnalistik atau pun media sosial.

Salah satu hasi rapat ialaha adanya rapat rutinan yang dicanangkan akan terlaksana minimal dua kali dalam sebulan. Hal ini disampaikan langsung oleh Dr. H. Moh. Syaeful Bahar, S. Ag, M.Si. selaku Wakil Dekan III, Ajeng Widya Prakasita, M. A. selaku Sekretaris Prodi Ilmu Politik, perwakilan tim media FISIP, hingga beberapa staf bagian akademik.

Menurut keterangan Moh. Syaeful Bahar, setelah mempertimbangkan banyaknya beban kerja yang diampu oleh tim media, jadwal terkait rapat koordinasi kini diubah pelaksanaannya menjadi mingguan dengan harapan tim dapat semakin produktif, terarah, dan inovatif dan konsisten menyalurkan ragam nformasi.

Terdapat beberapa point penting yang dapat dipetik dari hasil rapat koordinasi integratif tim media FISIP UINSA. Pertama, pembagian delegasi wewenang pada masing-masing platform online yang terdiri dari YouTube (Herma), Instagram (Kaka), Tiktok (Kaka dan Irena), dan Website (Pak Umam dan Irena). Kedua, rencana jadwal tayang. Durasi maksimal video yang disarankan untuk sosialisasi melalui kanal YouTube adalah 20 menit, namun juga dapat dipartisi ke bagian selanjutnya atau dibuat model shorts selama 10-30 detik jika sekiranya tampak terlalu panjang. Penayangan video di kanal YouTube dijadwalkan setiap hari sabtu per minggunya. Untuk unggahan konten-konten di akun Instagram dan Tiktok akan tayang setiap hari senin-jum’at dengan sistem one day one post dan akan diunggah pada waktu yang dinilai potensial guna melejitkan jumlah viewer (prime time). Kemudian untuk pemberitaan resmi melalui website akan ditayangkan secara insidental, yakni setiap adanya penyelenggaraan kegiatan fakultas.  

Ketiga, penetapan alur kerja dan penanggung jawab setiap langkah operasional pada masing-masing platform online. Secara garis besar, langkah-langkah kerja tersebut dimulai dari menentukan materi konten, take video (YouTube)/ hunting berita (Website), melakukan proses editing, tahap screening, hingga mengunggahnya di ruang digital.

Sepanjang laju produksi konten tentunya tim media FISIP juga melibatkan sejumlah mahasiswa seperti yang selama ini telah banyak dilibatkan oleh fakultas. Keempat, target minggu kedua di bulan April ialah tim yang mengurus kanal YouTube dijadwalkan untuk mengaploud hasil podcast dengan tema KBRI Malaysia, Instagram dan Tiktok mengunggah konten sesuai dengan kegiatan maupun bank konten, sedangkan Website berfokus pada produksi berita seputar rapat Tim Media FISIP dan pola manajemen internal.

(Irena)