Agenda

Pada hari Rabu 7 Agustus 2024, bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, telah dilaksanakan acara silaturahmi antara Program Studi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab dan Humaniora UINSA dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur. Kunjungan ini langsung dibersamai oleh Ketua Program Studi Sejarah Peradaban Islam, bapak Dr. Nyong Eka Teguh Iman Santosa, M.Fil.I dan Sekretaris Prodi SPI, bapak Dr. Imam Ibnu Hajar, M.Ag. Pertemuan ini bertujuan untuk sharing mengenai peluang kerjasama dalam penelitian situs-situs daerah lokal, penulisan Sejarah desa, dan juga pengembangan pariwisata sejarah.

Hasil pertemuan oleh Kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerjasama dalam informasi terkait adanya kegiatan produktif terdekat yang akan diadakan oleh Disbudpar Provinsi Jatim. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur akan mendukung pelatihan bagi mahasiswa Program Studi Sejarah Peradaban Islam dalam bidang pengelolaan dan promosi pariwisata sejarah.

Bapak Aji Prabowo selaku Ketua Tim Kerja Pelindungan dan Perkembangan di Bidang Cagar Budaya dan Sejarah menyambut hangat silaturahmi Prodi SPI Fahum UINSA dan berharap pertemuan ini menjadi awal yang baik untuk kerjasama yang produktif dan berkelanjutan antara Program Studi Sejarah Peradaban Islam dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, guna mendukung pelestarian dan pengembangan sejarah dan kebudayaan Islam serta pariwisata sejarah di Jawa Timur. Menurut Kaprodi SPI Fahum, kunjungan seperti ini sangat memungkinkan untuk transfer pengetahuan dan keahlian antar instansi serta memaksimalkan output dan input yang ada. kolaborasi antar instansi juga akan membawa perspektif yang berbeda dan ide-ide baru yang dapat mendorong inovasi mengenai sejarah peradaban Islam, khususnya di Jawa Timur.