Berita

Selasa, 21 Maret 2023, FSH UINSA kembali menerima kunjungan kampus. Kali ini adalah kunjungan dari Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Sumenep, Madura. Kegiatan ini bertempat di Gedung OASA Lantai 10 Rooftop Twin Tower.  Seluruh mahasiswa/i dari INSTIKA secara langsung belajar Ilmu Falak dengan belajar secara teori dan praktiknya. Seluruh mahasiswa/i INSTIKA yang berasal dari Progam Studi Hukum Ekonomi Syari’ah semester 6 sangat antusias.

Penyampaian Materi oleh Para Narasumber
Penyampaian Materi oleh Para Narasumber

Pada kunjungan belajar ini mahasiswa/i INSTIKA melakukan praktik dengan menggunakan teleskop dan alat peraga sederhana. Inovasi alat peraga sederhana ini merupakan karya dari mahasiswa dan dosen di FSH UINSA. Para mahasiswa/i INSTIKA terlihat begitu bersemangat mencoba alat peraga. Tak jarang mereka juga mengabadikan momen tersebut dengan mengambil gambar lewat smartphone.

Mahasiswa Instika diskusi Ilmu Falak bersama FSH UINSA
Mahasiswa Instika diskusi Ilmu Falak bersama FSH UINSA
Mahasiswa/i INSTIKA belajar mempraktekan alat pengamatan rukyatul hilal FSH UINSA
Mahasiswa/i INSTIKA belajar mempraktekan alat pengamatan rukyatul hilal FSH UINSA

Kunjungan belajar mengenai Ilmu Falak ini diharapkan bisa menjadi pengalaman bagi mahasiswa/i INSTIKA. Bukan hanya lewat sinkronisasi teori pembelajaran saja. Melainkan mereka juga dibekali dengan praktik lapangan secara langsung. Para mahasiswa/i INSTIKA kemudian dipandu untuk menggunakan alat peraga sederhana dan teleskop. Lewat bantuan alat tersebut mereka bisa mengamati pergerakan bulan secara langsung dengan lebih jelas.

Bukan hanya sekali ini saja lingkungan Progam Studi Laboratorium dan HMJ Ilmu Falak FSH UINSA menerima kunjungan. Ada juga beberapa Institusi Perguruan Tinggi dan Sekolah yang mengunjungi Laboratorium Ilmu Falak untuk belajar mengenai astronomi. FSH UINSA selalu berupaya untuk bisa memberikan fasilitas pendidikan yang bisa bermanfaat dan mengedukasi banyak orang. Seperti halnya fasilitas dan alat pendukung untuk pengamatan bulan ini. Dengan hal itu, maka harapannya FSH UINSA bisa selalu membuat inovasi terobosan baru yang dapat mendukung segala kegiatan. Rencananya kegiatan pengamatan bulan-bulan tertentu ini menjadi agenda rutin dari Prodi Ilmu Falak. Pengamatan ini juga memberikan kesempatan belajar bagi banyak orang.