Berita

KICK OFF MBKM, TANDAI KOMITMEN UINSA TINGKATKAN PENGALAMAN MAHASISWA UNTUK MASA DEPAN

UINSA Newsroom, Rabu (07/02/2024); Kegiatan bertajuk ‘Kick Off’ MBKM UIN Sunan Ampel Surabaya’ resmi digelar pada Rabu, 7 Februari 2024 di Gedung Amphiteater Kampus Gunung Anyar UINSA Surabaya. Hal ini sekaligus meresmikan pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk tahun akademik 2023-2024.

Hadir dalam kesempatan Kick Off MBKM ini, salah satu mitra strategis UINSA dalam MBKM yakni Perwakilan Pemerintahan Kota Surabaya. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri segenap tim manajemen fakultas, Gugus Kendali Mutu, serta Mahasiswa peserta MBKM tahun akademik 2023-2024.

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., menjelaskan, bahwa MBKM menjadi salah satu upaya kampus untuk beradaptasi di era digital. Dimana perubahan terjadi begitu cepat termasuk di dunia pendidikan. Ditegaskan Rektor, bahwa apa yang diajarkan di bangku kuliah saat ini, belum tentu kompatibel bagi kehidupan mahasiswa empat tahun mendatang.

“Kekuatan kita hari ini adalah kemampuan beradaptasi. Siapa yang mampu beradaptasi dengan perubahan, dengan perkembangan baru, yang akan memenangi masa depan,” ujar Prof. Muzakki.

Disampaikan Rektor, bahwa jumlah peserta MBKM UINSA tahun akademik 2023-2024 cukup mengesankan, yakni 3.932 dari total 5036 mahasiswa/angkatan atau sebesar 78% mahasiswa. Program MBKM tahun ini juga menunjukkan kolaborasi yang luas, mencakup kemitraan dengan 991 institusi di dalam maupun luar negeri.

Terbagi dalam enam jenis kegiatan, termasuk asistensi mengajar di satuan pendidikan dengan peserta sebanyak 717 mahasiswa, model riset/penelitian 27 mahasiswa, studi proyek independen 3 mahasiswa, magang 3090 mahasiswa, dan kuliah kerja nyata (KKN) tematik sebanyak 92 mahasiswa.

“Izinkan saya sebagai Rektor menyampaikan apresiasi kepada seluruh teman-teman sekalian yang telah berkenan menjadi bagian dari kemuliaan yang sedang kita bangun untuk UINSA melalui Program MBKM ini,” tegas Prof. Muzakki.

Kegiatan kick-off ini ditandai dengan penyematan selempang peserta MBKM secara simbolis. Selanjutnya di hari yang sama, Rektor beserta segenap peserta yang hadir juga menggelar tasyakuran dan pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur atas perolehan akreditasi unggul universitas.

Ketua LPM, Dr. Ali Mustofa, M.Pd., secara khusus menyerahkan sertifikat akreditasi unggul UINSA Surabaya kepada Rektor. Penyerahan sertifikat ini sekaligus menandai tonggak penting upaya berkelanjutan mencapai keunggulan akademik UINSA Surabaya di masa yang akan datang. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN Cahaya