Berita
Malang — (06/05/2024) Fakultas Psikologi dan Kesehatan mengajak para mahasiswa gizi semester 4 untuk berkunjung ke Kebun Teh Wonosari, Kabupaten Malang. Tentunya hal ini disambut dengan antusias karena pertama kalinya mereka akan observasi lapangan sekaligus berwisata ke luar kota. Rombongan mahasiswa berangkat dari kampus UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) pada pukul 07.00 WIB tepat dan sampai disana pada pukul 09.00 WIB.

Beberapa dosen serta tenaga kependidikan turut mendampingi para mahasiswanya disana, yakni Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi., Psikolog selaku Wakil Dekan II, Nova Lusiana, M.Keb selaku Ketua Jurusan Psikologi dan Kesehatan, Estri Kusumawati,M.Kes selaku sekretaris prodi Gizi, M. Fahmi Aufar Asyraf, B.Ed. M.A. selaku dosen psikologi, Ria Qadariah Arief, M. Kes selaku dosen gizi, serta 2 orang tenaga kependidikan yakni Sutopo, S.H., dan Izza Ersifa, A.Md.

Selama disana, mahasiswa melakukan rekreasi sampai dengan waktu yang ditetapkan yakni pukul 11.00 WIB. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan selama berada ke kebun teh. Para mahasiswa terlihat senang dan semangat untuk berfoto juga membuat konten untuk diunggah ke sosial media mereka. Berjalan menyusuri setapak jalanan kebun, bermain dengan teman-temannya di area bermain, ataupun hanya sekedar mengobrol dan bercanda tawa bersama. Setelah lelah, mereka makan siang bersama lalu melaksanakan sholat dhuhur berjamaah di masjid terdekat.

Salah satu mahasiswa memberikan sedikit kesan pesannya, ia menyampaikan bahwa, “Wah tidak menyangka bahwa akan ada kegiatan seperti ini di bangku kuliah, rasanya seperti saat study tour semasa sekolah dulu. Aku tentunya berterima kasih banyak pada FPK yang sudah memberikan kami kesempatan untuk berkunjung kesini sekaligus observasi lapangan nanti. FPK selalu keren.”, ucapnya.

Mahasiswa lain juga dengan senang hati memberikan kesan pesannya, “Sebenarnya dari awal dosen menyampaikan pengumuman bahwa kita akan ke kebun teh dan kunjungan ke PT. Otsuka, aku merasa sangat bersemangat. Karena kapan lagi kita bisa berwisata bersama-sama dengan teman satu angkatan sambil belajar diluar. Semoga apa yang kita dapatkan nantinya bisa bermanfaat bagi diri kita dan orang lain.” tuturnya.

Dari kegiatan kunjungan ke kebun teh ini, harapannya mahasiswa bisa sedikit relaks dan istirahat sejenak. Tak hanya itu, mahasiswa juga diharapkan bisa memetik ilmu selama berada disana. Banyak sekali hal yang bisa dikorelasikan dari kegiatan ini, terutama dalam konteks Manajemen Penyelenggaraan Makanan. Serta kembali lagi pada tujuan awal, sebagai mahasiswa harus tetap belajar dimanapun dan kapanpun, meski di tempat wisata sekalipun.

Writer: Najwa Laska Halqi
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi