Berita

Lembaga Penjaminan Mutu

Tuesday, 3 January 2023

KEMENAG-LPDP BERKOMITMEN MENINGKATKAN  KOMPETENSI DOSEN DENGAN  PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN PEMULA (PKDP)

LPM Newsroom, Senin (03/1/2023); Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) dari 17 UIN se-Indonesia yang di tunjuk oleh Kemenag menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) Angkatan 3 di Surabaya. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan PKDP Angkatan 1 dan 2 di Makasar. Kegiatan terselenggara atas kolaborasi antara Ditjen Pendidikan Islam dengan Balitbang Diklat, atas pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dengan Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP). Kegiatan ini merupakan wujud konkrit Kemenag untuk terus menerus meningkatkan kompetensi dosen di era disrupsi ini. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani saat membuka acara melalui platform zoom (19/12/2022) mengatakan, “Ada empat kompetensi dosen yang harus terus dikembangkan, yaitu kompetensi professional, paedagogik, kepribadian dan kompetensi social. Pelatihan PKDP ini menjadi momentum penting mengembangkan empat kompetensi tersebut di era persaingan”, katanya.”.

Kegiatan dimulai dengan Pretest, di lanjutkan dengan Pembukaan oleh Ketua LPM, Dr. Ali Musthofa, M.Pd dan Overview Akademik oleh oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. Ali Mudlofir, M.Ag. Di lanjutkan dengan materi pelatihan di hari pertama tentang Building Learning Commitment (BLC), kebijakan peningkatan kompetensi dosen, kebijakan peningkatan kapasitas PTKIN, Sistem Pelatihan dan Pengembangan SDM Kementerian Agama, Jabatan Fungsional dosen dan angka Kreditnya. Materi hari kedua meliputi Penguatan Moderasi Beragama, Prosedur dan Teknik Penyusunan Artikel Ilmiah. Materi hari ketiga meliputi Perencanaan Pembelajaran, Model-Model Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran. Materi hari keempat meliputi Evaluasi Pembelajaran, Dasar-Dasar Komunikasi Pembelajaran, Media Pembelajaran Era 4.0 dan Pembelajaran jarak jauh (PJJ). Materi kelima Lanjutan Pembelajaran jarak jauh Post test dan Penutupan

Program PKDP Angkatan 3 dilaksanakan mulai tanggal 3 Januari 2023 – 18 Februari 2023 dengan pola In Service Training dan On The Job Training. Pertama, In Service Training dilaksanakan tanggal 3-7 Januari 2023 total jumlah Pelajaran sebanyak 61 JP. Kedua, On Job Training dilaksanakan tanggal 26 Januari 2023 -14 Februari 2023, dengan materi meliputi Pembelajaran; Penilaian dan Penulisan Artikel Ilmiah dengan jumlah total Jam Pelajaran sebanyak 128 JP. Ketiga, In Service Training dilaksanakan tanggal 17 – 18 Feb 23, dengan materi meliputi Presentasi/ dan Ekspose Proyek Hasil Pendampingan, dengan total jumlah Pelajaran sebanyak 16 JP.

Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) Angkatan 3 di Surabaya ini di pandu oleh nara sumber yang terdiri dari Widya Iswara Balai Diklat Surabaya, Pejabat Kementerian Agama/Pimpinan PTK, PTP/TIM PKDP UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan PKDP Angkatan 3 dilakukan di GreenSa Inn selama 5 hari, tanggal 3 – 7 Januari 2023. Kegiatan diikuti oleh 29 orang yang merupakan peserta sertifikasi dosen pada tahun anggaran 2022 dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel 14 orang, Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al – Hakim Surabaya 1 orang, Sekolah Tinggi Agama Islam Ar – Rosyid Surabaya 1 orang, Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah AlHadid Surabaya 1 orang, STAI Al-Fithrah Surabaya 2 orang, STAI An-Najah Surabaya 1 orang, STAI Taruna Surabaya, STAI YPBWI Surabaya 1 orang, Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia Surabaya (DITJEN BIMAS KRISTEN) Surabaya 1 orang, Sekolah Tinggi Teologi Parakletos Surabaya (DITJEN BIMAS KRISTEN) Surabaya 2 orang, Sekolah Tinggi Agama Islam Al – Azhar Menganti Gresik (Kopertais Wilayah IV) Gresik Jatim 3 orang, Sekolah Tinggi Teologi Injili Abdi Allah (DITJEN BIMAS KRISTEN). Seluruh peserta aktif mengikuti kegiatan karena kegiatan ini akan menghasilkan sebuah produk yang akan di konsultasikan dan di presentasikan diakhir tahap kegiatan PKDP. [lila]