Berita

@Biologi

Wednesday, 6 April 2022

INSTITUTE OF TROPICAL DISEASES UNAIR JADI MITRA MBKM FST UINSA

05 April 2022 Fakultas Sains dan Teknologi UINSA sepakat untuk melaksanakan kerjasama yang dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan lembaga bertaraf Internasional Institute Of Tropical Diseases Universitas Airlangga (ITD-UNAIR). PKS ini dilakukan salah satunya karena dirasa berkualitasnya Praktik Kerja Lapangan mahasiswa Prodi Biologi di ITD UNAIR sebelumnya. Mahasiswa sangat dituntut untuk terampil melaksanakan penelitian hingga diwajibkan menghasilkan artikel penelitian bersama ITD UNAIR khususnya Kelompok Studi Dengue. Esti Tyastirin, M.KM. saat diwawancara menjelaskan bahwa PKS ini sebagai bukti bahwa Mahasiswa Biologi UINSA sangat diterima di lembaga se-level Interasional ini. “Kompetensi mahasiswa Biologi dipersiapkan untuk terampil mengimplementasikan Teori yang diperoleh saat perkuliahan pada kegiatan Praktik Kerja Lapangan. Dan di ITD UNAIR mahasiswa kami berhasil menjalani prosesnya, hingga menelurkan publikasi ilmiah bersama”. PKS ini ditandatangani oleh Prof. Maria Inge Lusida, M.Kes., Sp.MK(K), Ph.D. selaku Chairman ITD UNAIR dengan Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. Dekan FST UINSA.

Maksud dan tujuan PKS ini adalah untuk dapat saling menunjang penyelenggaraan kelembagaan antara kedua belah pihak khususnya di bidang pendidikan, penelitian dan publikasi ilmiah (artikel, jurnal dan buku) dengan memanfaatkan kemampuan yang meliputi sumber daya manusia, dana, sarana, dan prasarana yang dimiliki oleh kedua belah pihak. Adapun lingkup kerjasama meliputi: Penyelenggaraan bidang Pendidikan dalam kegiatan Kuliah Tamu, Pembimbingan Skripsi, dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa; bidang penelitian dan publikasi ilmiah (artikel, jurnal dan buku); mengoptimalkan pemanfaatan berbagai sumber daya (sarana, prasarana, dana, dan sumber daya manusia) yang dimiliki masing-masing pihak dalam program pengembangan di bidang masing-masing; peningkatan kemampuan, pengalaman dan ketrampilan sumber daya manusia yang dimiliki kedua belah pihak untuk dapat berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memenuhi tuntutan keahlian; dan bidang-bidang akan ditentukan kemudian berdasarkan perjanjian kedua belah pihak.

Gambar. Serah Terima PKS

Sambutan hangat Esti Tyastirin, M.KM., Kaprodi Biologi dan Tim FST UINSA saat melakukan kunjungan ke Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga yang diberi sambutan hangat oleh Teguh Hari Sucipto, M.Si., selaku Tim Kelompok Studi Dengue Lembaga Penyakit Tropis /ITD Universitas Airlangga. Adaya PKS ini memberikan harapan besar untuk memfasilitasi minat dan Studi mahasiswa Biologi di bidang Biologi-Kesehatan Tropis.