Berita

Pasuruan, Rabu, 15 Mei 2024 – Kelompok MBKM Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) telah melaksanakan program inovasi pengolahan produk makanan berbahan dasar jagung bersama warga Desa Kalipang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Program ini merupakan hasil dari proses pengkajian, pembahasan, dan perencanaan bersama antara peserta MBKM dan warga Desa Kalipang.

Inisiasi kegiatan ini difasilitasi oleh peserta MBKM Desa Kalipang berdasarkan data hasil penelitian berupa sensus desa dan Focus Group Discussion (FGD) dengan stakeholder dan warga. Analisis data ini menghasilkan rekomendasi program yang berorientasi pada penyelesaian permasalahan ekonomi warga.

Desa Kalipang memiliki banyak lahan pertanian yang ditanami jagung dan mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai penjual jagung keliling. Kondisi ini sekaligus menjadi potensi besar untuk meningkatkan daya saing ekonomi warga. Kelompok mahasiswa MBKM Desa Kalipang berusaha mentransformasi pengetahuan dan mendorong warga, terutama para istri penjual jagung, agar dapat menambahkan nilai pada jagung yang mereka miliki. Mereka diajak untuk membuat inovasi baru dalam pengolahan jagung menjadi berbagai produk makanan ringan yang lebih bervariasi dan berkualitas, baik dari segi rasa maupun nilai estetik.

Kegiatan ini berlangsung pada pagi hari, dimulai pukul 09.00 WIB di Balai Desa Kalipang dan dihadiri oleh beberapa warga desa. Program ini mendapat dukungan penuh dari pemerintahan Desa Kalipang dan tokoh masyarakat, terutama ibu-ibu kader dan beberapa anggota masyarakat lainnya. Antusiasme warga terlihat dari banyaknya pertanyaan, masukan, dan saran mengenai pengolahan jagung yang lebih baik dan berkualitas.

Program diawali dengan penjelasan dari kelompok MBKM Desa Kalipang mengenai manfaat jagung, kemudian dilanjutkan dengan uji coba inovasi produk olahan berbahan dasar jagung berupa puding, dengan memberikan berbagai macam tester. Uji coba ini dilakukan bersama masyarakat dengan harapan mereka dapat memahami bahwa jagung bisa diolah menjadi berbagai macam produk makanan.

Dengan pengetahuan dan wawasan yang terbuka tentang berbagai produk olahan berbahan dasar jagung, diharapkan peluang usaha untuk peningkatan perekonomian masyarakat dapat dilakukan secara mudah dan massif.