Berita

2

Hadiri Pertemuan Forum Ketua Prodi PBI PTKIN Se-Indonesia, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FTK UINSA Lakukan Penandatanganan MoA dengan 11 PTKIN

Sebagai langkah gerak cepat dalam perluasan mitra kerjasama, prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya menghadiri Forum Pertemuan Kaprodi yang diselenggarakan oleh UIN Alauddin Makassar. Kegiatan ini bertepatan dengan sedang diselenggarakannya The 3rd International Conference on English Language Education (ICONELE) 2022 yang bertempat di Sultan Alauddin Hotel & Convention Makassar pada hari Rabu (14/9) hingga Kamis (15/9). Kehadiran Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FTK UINSA, Rakhmawati, M.Pd merupakan langkah untuk menindaklanjuti Forum Pertemuan Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris PTKIN Se-Indonesia yang digelar di Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya pada Rabu (27/7) lalu bertepatan dengan diselenggarakannya The 3rd ICONELT.

Terdapat 16 peserta kegiatan dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang ada di Indonesia yang hadir secara luring pada Forum Pertemuan Kaprodi yang dipimpin langsung oleh Ketua Forum Kaprodi PBI PTKIN, Didin Hidayat, M.A., Ph.D. Penandatanganan MOA dilakukan Prodi PBI FTK UIN Sunan Ampel Surabaya dengan 11 PTKIN yaitu UIN Alauddin Makassar, UIN Walisongo, UIN Mataram, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Bone, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, IAIN Parepare, IAIN Palopo, IAIN Kudus, dan IAIN Kediri.

Selain penandatanganan MoA antar PTKIN yang dilakukan, pertemuan Kaprodi ini juga membahas empat poin penting lain. Salah satu poin lainnya adalah penguatan asosiasi Tadris Bahasa Inggris/ Pendidikan Bahasa Inggris. Kehadiran secara luring dari para Kaprodi menjadi momentum yang dinantikan untuk saling berbagi pengalaman antar PTKIN. Selain itu, dalam pertemuan ini juga dibahas perencanaan program konkrit kerjasama yang akan dilakukan oleh masing-masing lembaga.

Tidak tertinggal, isu-isu terkait pengelolaan prodi juga menjadi bagian dari pembahasan juga pada pertemuan kaprodi ini. Strategi-strategi penyelesaian isu diutarakan oleh peserta kegiatan dan menjadi diskusi yang bermakna. Adanya kegiatan forum pertemuan kaprodi ini juga memberikan kontribusi untuk menyukseskan The 3rd International Conference on English Language Education (ICONELE) 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Alauddin Makassar yang sedang berlangsung hingga keesokan hari. Berkembangnya program studi adalah hal yang sedang dalam upaya diwujudkan oleh setiap program studi, dan kegiatan pertemuan Kaprodi ini menjadi sarana untuk mencapainya.