Berita
Gerak Cepat Implementasikan MoA, Prodi PBI FTK UIN Sunan Ampel Surabaya Hadir Beri Kuliah Tamu di PBI FTK UIN Suska Riau

Sebagai tindak lanjut imolementasi dari MoA atau kerjasama, pada Kamis (17/7) PBI FTK UIN Sunan Ampel Surabaya, dalam hal ini Ketua Prodi, Ibu Rakhmawati, M.Pd memberikan kuliah tamu bertajuk “Microteaching” pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FTK UIN Suska Riau. Momentum ini didasari adanya kunjungan benchmarking dan penandatanganan kerjasama yang dilakukan antara kedua fakultas dan disusul oleh kedua prodi.

Kegiatan kuliah tamu dilakukan secara hybrid di UIN Suska Riau mulai pukul 10.00 hingga 11.30 setelah prosesi penyambutan dari fakultas dan penandatanganan kerjasama yang dilakukan pada pagi harinya. Sebanyak 25 mahasiswa semester 5 hadir di kelas memgikuti kuliah tamu ini secara luring. Pada saat yang sama, sejumlah mahasiswa semester 5 UIN Sunan Ampel Surabaya dari kelas yang diampu oleh Ibu Rakhmawati mengikuti kuliah tamu tersebut secara daring melalui zoom meeting yang disiapkan oleh Prodi PBI FTK UIN Suska Riau.

Ibu Rakhmawati, M.Pd yang telah memiliki sejumlah pengalaman dalam mengajar matakuliah pedagogik di prodi PBI FTK UINSA, termasuk Microteaching, membagikan informasi teoritis maupun praktis pada mahasiswa terkait apa yang harus dipersiapkan ketika hendak mengajar, elemen-elemen dalam pengajaran yang baik, dan kiat-kiat untuk menjadi pengajar Bahasa Inggris pemula. Berbagai motivasi juga beliau selipkan sambil merespon secara interaktif mahasiswa yang bertanya. Didampingi oleh dosen pengampu matakuliah, Bapak Abdul Hadi, Ph.D, terjadi kolaborasi kuliah yang luar biasa positif atmosfirnya.

Disaksikan oleh Ketua Prodi PBI UIN Suska Riau, Ibu Dr. Faurina Anastasia, M.Hum dan Sekretaris Prodi, Ibu Dr. Nur Aisyah Zulkifli, S.Pd., M.Pd, serta sekretaris Prodi PBI UIN Sunan Ampel, Ibu Fahmy Imaniar, M.Pd; kuliah tamu ini menjadi langkah nyata atas implementasi kerjasama yang dilakukan kedua lembaga. Dengan demikian, implementasi MoA berikutnya adalah kuliah tamu yang akan diberikan oleh perwakilan Prodi PBI FTK UIN Suska Riau pada mahasiswa PBI FTK UIN Sunan Ampel Surabaya. Bentuk konkrit dari Kerjasama ini menjadi poin penting bagi pengembangan kedua prodi termasuk implementasi MBKM dan juga sebagai bagian dari pemenuhan dokumen akreditasi.