UINSA Newsroom, Selasa (19/09/2023): Penerima beasiswa Bank Indonesia atau lebih dikenal dengan sebutan Generasi Baru Indonesia (GenBI) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali menghadirkan program kerja GenBI Mengajar (Gemar). Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 17 September 2023 tepatnya di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an, Sidoarjo. Acara yang bertajuk “Mempererat Sillaturahmi, Mengabdi Dengan Aksi” ini berlangsung selama tiga jam, mulai pukul 15.00-18.00 WIB.

Acara yang diikuti 19 peserta pondok dan 25 anggota GenBI ini diawali dengan senam bersama. Dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang “Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah.” Tujuan terselenggaranya acara ini adalah sebagai wujud pengabdian GenBI UINSA dan perpanjangan tangan terkait informasi Bank Indonesia pada masyarakat.

Untuk lebih memperjelas terkait paham rupiah, pemateri pun memberikan contoh visual kepada peserta. Salah satunya dengan menunjukkan wujud uang asli dan uang palsu. Serta memberikan cara supaya bisa mengecek uang asli dan uang palsu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua GenBI UINSA, Dimas Surya menyebutkan, bahwa acara wajib tahunan GenBI ini diharapkan bisa menjadi ajang berkomunikasi, bertukar ilmu, dan bermanfaat bagi masyarakat. “Saya sangat berterimakasih kepada Abah Abdul Fatah karena, telah memberikan kesempatan bagi kami semua untuk melaksanakan kegiatan disini bersama adik-adik semua,” ujarnya.

Pemilik pondok pun menyambut hangat kedatangan GenBI UINSA dan berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menambah semangat adik-adik dalam menimba ilmu. “Saya sangat berterimakasih teman-teman sudah mengunjungi Pondok kami, sudah mau berbagi ilmu dengan adik-adik di Pondok,” tutur Abdul Fatah.

Akhir sesi dalam giat kali ini adalah membuat dompet sederhana dari kertas lipat. Dalam hal ini setiap anak bebas berkreasi untuk menghias dompet yang sudah dibuat. Acara ditutup dengan pemberian hadiah, foto bersama, dan shalat magrib berjamaah.

(Irma, Jihad, Ainun/Magang22)