Berita

UINSA Newsroom, Kamis (18/07/2024); Gathering BAZNAS Se-Provinsi Jawa Timur dengan UIN Sunan Ampel Surabaya berlangsung ‘gayeng’ pada Kamis, 18 Juli 2024. Kegiatan digelar di Ruang Meeting Lt. 9 Tower Teungku Ismail Yakub Kampus A. Yani UINSA Surabaya.

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua BAZNAS Jawa Timur, Prof. Dr. K.H. Ali Maschan Moesa, M.Si.; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UINSA, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si.; serta utusan Baznas Kab/Kota di Jawa Timur.

Prof. Muhid dalam sambutan mewakili Rektor menyampaikan salam takdzim kepada segenap Pengurus Baznas Kab/Kota atas kesediaannya meluangkan waktu untuk hadir di UINSA Surabaya. Kegiatan yang mengusung tema, ‘Menuju Indonesia Emas 2045 melalui Program Satu Keluarga Satu Sarjana,’ ini merupakan wujud komitmen UINSA terkait dengan pengembangan sumber daya manusia.

“Oleh karena itu, kami tidak bisa sendirian. Tentu kami, harus bekerjasama dengan panjenengan semua, BAZNAS baik provinsi maupun kabupaten kota. Karena banyak sekali putera-puteri khususnya Jawa Timur yang belum bisa berkesempatan mengakses Pendidikan tinggi,” ujar Prof. Muhid.

Komitmen ini, lanjut Prof. Muhid, dilandasi sejarah panjang UINSA sebagai satu-satunya PTKIN yang dibangun diatas tanah wakaf para alim ulama Jawa Timur. Sehingga, sudah menjadi kewajiban UINSA, menurut Prof. Muhid, untuk bisa ikut andil dalam mencerdaskan anak bangsa khususnya para santri. “Tentu jariyah dari para kyai ini harus kita lanjutkan,” imbuh Prof. Muhid.

Karenanya kerjasama UINSA dengan BAZNAS ini juga merupakan upaya menjaga ‘itikad’ dan warisan para kyai sepuh pendiri UINSA. Yakni untuk menjadikan UINSA sebagai pusat pendidikan tinggi bagi para santri warga muslim di Jawa Timur. “Karena satu-satunya jalan untuk memutus mata rantai kefakiran, kemiskinan hanyalah lewat jalur pendidikan,” tegas Prof. Muhid.

Kendati negara telah menyatakan bahwa pendidikan adalah hak segala bangsa, imbuh Prof. Muhid, namun faktanya tidak semua bisa mengakses pendidikan tinggi karena berbagai faktor. “Karena itu kami tidak ingin masuk surga sendiri. Kami mengajak seluruh elemen bangsa khususnya BAZNAS ini sama-sama masuk surga,” imbuh Prof. Muhid disambut tepuk tangan para tamu undangan.

Dalam kesempatan ini, sambutan dan arahan dari Prof. Dr. K.H. Ali Maschan Moesa, M.Si., membuka sesi paparan. Dilanjutkan sesi testimoni kerjasama BAZNAS dan UINSA yang disampaikan langsung Ketua BAZNAS Kabupaten Ngawi, Samsul Hadi, S.H.I., M.Pd.I.

“Saya yakin kita berkolaborasi, bersinergi dengan UINSA ini adalah sangat tepat dan saya yakin seluruh guru-gurunya itu memiliki sanad ilmu yang jelas,” ujar Samsul Hadi. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Korektor Foto: MN. Cahaya
Highlight:
Tim Magang