Berita

FDK UINSA Newsroom, Senin (16/10/2023); Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, mengadakan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekonomi dan INvestasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Ditjen PEID) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) pada Senin (16/10).

Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB di Ruang Sidang FDK dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi yakni Dr. Moch. Choirul Arif, S.Ag., M.Fil.I serta Itqan Archia dan Franodi Ivandy dari Kemendes PDTT. Penandatanganan PKB tersebut dilakukan oleh Dekan FDK dengan disaksikan pihak Kemendes PDTT dan para wakil dekan FDK.

Itqan Archia, perwakilan dari Ditjen PEID, dalam sambutannya menyampaikan kerjasama yang dilakukan antara Ditjen PEID Kemendes PDTT dengan FDK UINSA dalam pengembangan ekonomi dan investasi desa melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa poin ruang lingkup PKB telah disepakati, salah satunya dukungan kegiatan Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) pada wilayah Indonesia Timur.

“Perlunya dilakukan review terkait program yang telah dilaksanakan dan telaah kebutuhan pelatihan yang bisa dilakukan dalam dua tahun ke depan,” jelasnya.

Selain itu, Itqan juga mengharapkan bahwa kerjasama ini tidak berhenti pada stau program saja. “Diharapkan perjanjian ini tidak sampai di sini, tetapi juga bersinergi unntuk kegiatan-kegiata lain pada tahun berikutnya,” lanjutnya.

Dekan FDK menyambut baik kerjasama antara FDK UINSA dengan Ditjen PEID. Moch. Choirul Arif menjelaskan bahwa FDK UINSA telah lama terlibat dalam pemberdayaan masyarakat dan telah banyak bekerjasama dengan berbagai kementerian.

“Insyaallah dengan pengalaman yang kami miliki, semoga program dapat dilaksanakan dengan baik. Kami siap melakukan layanan yang terbaik terhadap program yang dirancang oleh Kemendes,” tutur Pak Dekan.

Usai sambutan dari kedua belah pihak, tanda tangan perjanjian kerja bersama dan jabat tangan dilakukan sebagai simbol terjalinnya Kerjasama dan silaturahmi antara FDK dengan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekonomi Dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Kemendes.

Berita: Randi Azizi
Editor: Nur Romdlon