Berita

Dakwah dan Komunikasi

Tuesday, 16 August 2022

FDK UINSA Adakan Kegiatan Academic Writing Articles For International Publication

Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya (FDK UINSA) pada Senin, 15 Agustus 2022 telah melaksanakan kegiatan Academic Writing Articles for International Publication untuk dosen, pengurus jurnal dan perwakilan mahasiswa. Acara tersebut dimulai pada jam 08.00 WIB hingga jam 13.00 WIB secara luring yang berlokasi di Ruang Sidang FDK UINSA. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Fakultas Dakwah dan Komunikasi untuk meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa pada publikasi ilmiah.

Acara Academic Writing dipandu oleh Fikry Zahria Emeraldien, S.I.Kom., M.A., sebagai MC dan Moh Khoirul Anam, M.Li. sebagai moderator. Acara dimulai dengan sambutan Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Moh. Ansori, S.Ag, M.Fil.I memberikan motivasi dan harapan, beliau menyampaikan bahwa dengan menulis seperti memiliki dua nyawa, maksudnya, dengan menulis akan menghasilkan karya tulisan yang akan terus hidup, seperti hidup selamanya melalui hasil karya tulisan.

Selanjutnya, acara inti pada sesi pertama dimulai. Narasumber pada sesi pertama yakni Dr. H. Hasan Baharun, M. Pd, Direktur Pascasarjana Universitas Nurul Jadid telah menyampaikan materi penulisan artikel pada jurnal bereputasi internasional seperti bagaimana manajemen naskah, article rejected, memahami pedoman penulisan jurnal/author guidelines, IMRAD dan Non IMRAD, perumusan dan pemilihan judul/tema, sampai pada teknik penulisan artikel seperti tips mencari research gapresearch method, dan result and discussion. Dr. H. Hasan Baharun, M. Pd juga menjelaskan pemanfaatan e-resources sebagai literature review seperti Google Scholar, Moraref, Garuda, DOAJ, Science Direct dan lain sebagainya. Untuk memudahkan penulisan artikel ilmiah dalam Bahasa Inggris dapat menggunakan Google Translate, Grammarly dan Quillbot.

Setelah Hasan Baharun selesai memaparkan materinya, narasumber kedua yakni Moch Mahsun, S.Kom, MT melanjutkan pemaparan terkait dengan Strategi Pengelolaan Journal (OJS) dan Indexing International. Moch Mahsun juga menampilkan bagaimana cara menggunakan Publish or Perish, Mendeley dan VOSviewer untuk memudahkan dalam manajemen pustaka artikel ilmiah.

Setelah kedua narasumber memaparkan materi, acara selanjutnya adalah sesi diskusi dan tanya jawab. Peserta baik dari dosen dan mahasiswa cukup antusias bertanya kepada kedua narasumber terkait teknik penulisan maupun cara menggunakan aplikasi yang memudahkan dalam penulisan artikel ilmiah. Acara ditutup dengan menyanyikan Lagu Bagimu Negeri dan penyerahan sertifikat kepada kedua narasumber.

Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya telah memiliki jurnal dimasing-masing program studi, yaitu Jurnal Komunikasi Islam, Jurnal Ilmu Komunikasi, Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, Journal of Islamic Management, dan Journal of Islamic Community Development. Acara ini sekaligus membekali para pengurus jurnal dalam penulisan dan proses review karya ilmiah bereputasi serta bagaimana tata kelola jurnal OJS dan Indexing Internasional. Harapannya, para pengurus jurnal dapat meng-upgrade kemampuan dalam mengelola jurnal sehingga kedepannya menjadi jurnal internasional bereputasi.