Berita

UINSA Newsroom, Senin (22/07/2024); Semangat Muharam menjadi momentum emas bagi umat Islam untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, tidak terkecuali menyantuni anak yatim. Dalam kesempatan emas kali ini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengadakan kegiatan Bakti Sosial: Santunan Anak Yatim bertajuk “Memuliakan Sesama di Bulan Muharram dengan Berbagi Kebahagiaan.”

Acara ini dilaksanakan pada hai Jum’at, 19 Juli 2024, yang bertepatan pada tanggal 13 Muharram 1446 H. Santunan ini berasal dari donasi anggota DWP UINSA Surabaya.

Bakti Sosial ini diberikan kepada 2 Panti Asuhan yang berada di Wilayah Jombang, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Panti Asuhan Al Hasan yang bertempat di Desa Watugaluh Diwek Jombang dan Yayasan Pondok Pesantren dan Sosial Himmatun Najah yang berada di Desa Keras Jombang.

Acara kunjungan ke LKSA dibuka dengan lantunan shalawat yang merdu dari anak-anak santri. Dilanjutkan pembukaan oleh Pengurus LKSA dan sambutan Ketua DWP UINSA, Ny. Erna Mawati Muzakki. “Kemuliaan dan kebahagiaan tidak bisa kita nikmati sendiri, karena semua harus bahagia. Semua harus bisa merasakan apa yang kita rasakan. Karena itu DWP UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan bakti sosial ini,” ujar Ny. Erna Mawati.

Ketua DWP UINSA juga mengatakan, bahwa insan yang baik adalah yang sama-sama merasakan kebahagiaan dan kemuliaan bersama. Di Bulan Muharram yang penuh berkah ini, lanjut Ketua DWP UINSA, pengurus dan anggota DWP UINSA ingin sedikit berbagi kebahagiaan dengan adik-adik di Panti Asuhan. “Semoga keberkahan ini bisa membuat adik-adik di Panti Asuhan berbahagia, ungkapan sambutan dari Ketua DWP UIN Sunan Ampel Surabaya” imbuh Ny. Erna Mawati.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan istighotsah yang dipimpin langsung anak-anak panti. Di usianya yang masih duduk di sekolah dasar, anak-anak panti sudah siap menjadi pemimpin masa depan. Di Panti Asuhan anak-anak juga dididik tidak hanya pelajaran umum dan keagamaan tapi mental.

Setelah istighotsah dilanjutkan dengan penyerahan bantuan berupa uang tunai dan sembako kepada Pengurus Panti Asuhan Al Hasan dan acara ditutup dengan foto bersama. Di Panti Asuhan Al Hasan ada 112 anak asuh. Mulai bayi sampai dengan remaja usia sekolah menengah atas dan berasal dari berbagai daerah dari luar Pulau Jawa.

Selesai acara di Panti Asuuhan Al Hasan, DWP UINSA Surabaya melanjutkan perjalanan ke lokasi yang kedua, yaitu Yayasan Pondok Pesantren dan Sosial Himmatun Najah. Yayasan ini memiliki 38 santri putra dan putri. “Semoga dengan bantuan sosial ini bisa memberikan kebahagiaan bagi orang lain dan bagi kita semua,” tukas Ny. Erna Mawati. (Ash_DWPUINSASBY)

Reportase: DWP UINSA Surabaya
Redaktur: Nur Hayati
Korektor Foto: MN. Cahaya