Berita

Surabaya – (18/10/2024) Dalam rangka Pekan Konseling Pusat Konseling Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) 2024, Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) perkenalkan Pusat Layanan Konseling LPM UINSA kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium lantai 2 Gedung FPK Kampus Gunung Anyar pada pukul 09.00 WIB, dengan dihadiri oleh para mahasiswa program studi Psikologi maupun Gizi.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Markus, S.Pd., M.MPd selaku Kepala Tata Usaha dan dibersamai Dra. Psi. Mierrina, M.Si., Psikolog selaku Ketua Tim Koordinator Pusat Layanan Konseling. Sebelum penyampaian materi utama, tim konseling melakukan screening adjustment dan Self Well-Being untuk para mahasiswa. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari evaluasi awal yang bertujuan untuk memantau kondisi mental mahasiswa dalam menjalani kehidupan kampus.

Berlanjut sesi materi utama yang dibawakan oleh Siti Kamilatus Saidah, M.Psi., Psikolog, selaku Tim Konselor Pusat Layanan Konseling dari FPK. Dengan tema “Self-Compassion: Nurturing a Healthier You for Academic Success”, Bu Mila, sapaan akrabnya, memaparkan pentingnya merawat diri secara emosional dan mengajak mahasiswa untuk memahami kebutuhan emosional diri, dalam mencapai keseimbangan hidup akademik dan pribadi.

Setelah sesi penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan layanan konseling on the spot yang diberikan oleh konselor sebaya dari pusat konseling. Mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan konsultasi pribadi mengenai masalah-masalah yang mereka hadapi, baik terkait kehidupan akademik maupun personal. Hadirnya Pekan Konseling Pusat Konseling Lembaga Penjaminan Mutu 2024 ini harapannya mampu menjadi payung dalam mendukung mahasiswa untuk tetap berada dalam kondisi mental yang optimal sepanjang perjalanan studi mereka.

Writer: Cahaya Kamila Ashari
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi