Berita

Sidoarjo — (07/08/2024) Wujud hilirisasi digital dan peningkatan kompetensi teknologi Artificial Intelligence (AI), Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) adakan Pelatihan Pembelajaran berbasis AI bagi Dosen UINSA di GreenSa Inn pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Berlanjut dari pembukaan, Nova Lusiana, M.Keb., selaku Master Trainer AI bersama Tim Trainer Pembelajaran Berbasis AI memandu pelatihan pada hari ini. Sesi pertama “Pengenalan AI” yang dibawakan oleh Dr. Ria Qadariah Arief, M.Kes. mengawali kegiatan setelah pre-test dilakukan.

Beranjak ke sesi kedua yakni “Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis AI” oleh Mei Lina Fitri Kumalasari, M.Kes. Pada sesi ini juga disertai praktik membuat RPS menggunakan beberapa aplikasi AI diantaranya ChatGPT, Gemini, dan Prexipility. Suasana ramai tapi kondusif mewarnai pelatihan pada hari ini.

Sebelum beralih ke sesi selanjutnya, para dosen diajak untuk ice breaking dengan olah gerakan tangan bersama sebagai pelepas penat. Sesi ketiga kali ini akan disampaikan oleh Muhammad Syifaul Muntafi, M.Sc. Materi kali ini cukup panjang karena berkaitan dengan penunjang pencarian referensi atau sumber belajar. Setelah jeda ishoma, pelatihan masih disesi ketiga yang dilanjutkan oleh Mei Lina Fitri Kumalasari, M.Kes.

Disela-sela praktik, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., selaku Wakil Rektor I dan Dr. Ali Mustofa, M.Pd., selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UINSA hadir untuk memantau sejenak pelatihan yang sedang berlangsung. Bertemu lagi dengan Dr. Ria Qadariah Arief, M.Kes. pada sesi keempat dengan materi “Penilaian Pembelajaran”. Sebelum mengakhiri sesi, para dosen melakukan uji coba menggunakan quizziz dalam membantu penilaian pemahaman mahasiswa.

Sesi kelima yakni “Deteksi Penggunaan AI” disampaikan oleh master trainer, Nova Lusiana, M.Keb. Dalam paparannya, Turnitin dan Dupli Checker menjadi alat bantu untuk mendeteksi penggunaan AI pada hasil tugas mahasiswa. Diakhiri dengan post-test dan foto bersama, harapannya kegiatan ini mampu meningkatkan kompetensi dosen FPK agar lebih efektif, inovatif, dan produktif guna keberlangsungan pembelajaran selama perkuliahan.

Writer: Cahaya Kamila Ashari

Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi, Najwa Laska Halqi