Berita

Surabaya, 6 September 2024 — Para Guru Bimbingan Konseling Madrasah Tsanawiyah (MTS) kota Surabaya yang tergabung dalam Organisasi Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK), mengikuti pelatihan hypnocounseling yang diselenggarakan di sekretariat MGBK MTs Nasional, MTS Negeri 3 Surabaya, yang melibatkan dosen dan praktisi dari UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan ini merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) .

Dr. Arif Ainur Rofiq, S.Sos.I., S.Pd., M.Pd., Kons. CHT (IACT-USA), C.I., bersama Ariza Qurrata A’yun, M.Med.Kom, dan praktisi Neuro Linguistic Programming (NLP), Diky Nur Rahman, S.I.Kom., M.Sos., CHT, CT.NLP, menjadi narasumber dalam pelatihan tersebut. Mereka menyampaikan materi tentang salah satu strategi konseling yaitu hypnocounseling, kepada para peserta dengan tujuan meningkatkan kompetensi guru Bimbingan Konseling di lingkungan MTs kota Surabaya khususnya dalam menangani permasalahan siswanya di sekolah.

Hypnocounseling merupakan strategi konseling menggunakan Mind of Technology, yakni bekerja pada pikiran bawah sadar manusia. Dengan menyesuaikan karakteristik masalah konseli saat ini yang lebih banyak mengalami kecemasan, trauma, phobia. Cara mengatasinya akan lebih efektif dengan membedah akar masalahnya yang terletak pada dasar pikiran yang tak tampak di permukaan. Oleh karena itu, para Guru Bimbingan Konseling penting menguasai strategi hypnocounseling ini.