Berita

Sidoarjo — (25/06/2024) The 2nd International Conference on Halal Food and Health Nutrition (ICHAFOHN) 2024 Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) lancar dan sukses digelar. ICHAFOHN yang dilaksanakan secara paralel di GreenSA Inn UINSA Sidoarjo dan via zoom meeting pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Kesuksesan kegiatan kali ini juga atas partisipasi para peserta call paper.

Pemaparan paper oleh peserta call paper menjadi momen yang dinanti. Peserta call paper berasal dari beberapa universitas di Indonesia. Peserta call paper dibagi ke dalam tiga ruangan dan online via media zoom.

Najwa Laska Halqi, salah satu peserta call paper merupakan mahasiswi gizi semester 5 FPK UINSA membagikan kesan dan pesan pada partisipasi kali ini. “Kesan saya sebagai peserta call paper cukup bangga karena berhasil memresentasikan jurnal dalam ranah seminar internasional, ” tutur mahasiswi berkacamata ini. Dengan demikian terselenggaranya ICHAFOHN ini juga memberi kesempatan pada mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mempublikasikan jurnal internasional.

Najwa bersama rekannya membawakan jurnal berjudul Dietary Sodium-Potassium Intake and Risk of Hypertension: A Literature Review. Semangat inovasi Najwa dan rekannya dengan jurnal yang dibawa termotivasi agar dapat meningkatkan skill menulis artikel serta kemampuan public speaking. Tak hanya itu, kesempatan berdiskusi dengan moderator menjadi momen untuk menambah pengetahuan baru.

Najwa bersama berbagai peserta lain mengangkat isu tentang gizi dan kesehatan, seperti bahasan anemia, diabetes, hipertensi, dan berbagai topik menarik gizi lainnya. Peserta dari Universitas Andalas juga turut memresentasikan hasil paper-nya dengan judul “Glycemic Index and Glycemic Load of Egg Noodles Made from Cassava Peel Flour Enriched with Sungkai Leaf Extracts.”

Inovasi dan kolaborasi yang tercipta pada ICHAFOHN ini diharapkan akan terus menginspirasi generasi muda untuk berkontribusi lebih dalam bidang penelitian dan akademik, serta mendorong pemikiran yang lebih kritis dan solutif dalam menjawab tantangan zaman terkini terutama dibidang kehalalan makanan dan kesehatan.

Writer: Cahaya Kamila Ashari
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi