Berita

Sabtu, 28 Januari 2023. Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya sukses gelar Uji Pengetahuan (UP) Uji KOmpetensi Mahasiswa Pendidikan profesi Guru (UKMPPG). 

UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai Salah satu Tempat Uji Kompetensi (TUK) UP Mahasiswa PPG PAI dan Madrasah se Indonesia kali ini menerjunkan 77 pengawas, 1.538 Mahasiswa PPG yang berasal dari 10 LPTK . Pelaksanaan Pengawasan UP berpusat di Laboratorium Integrasi UINSA  dipantau langsung oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag RI Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag didampingi oleh Muhammad Aziz Hakim, M.H. (Kepala Subbagian Tata Usaha Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan) beserta Bapak Mustofa Fahmi S.Pd, M.Ed dari Direktorat GTK Madrasah/Sekretaris Panitia PPG Kemenag.

Kepada Pimpinan LPTK serta Tim Pengelola PPG dan Pengawas, Prof. Inung (Sapaan akrab beliau) berpesan agar meneguhkan semangat integritas dan profesionalitas. Hal ini dinilai sangat penting agar UP PPG dapat melahirkan tenaga pendidik yang profesional dan berkarakter moderat. 

“Kita semua mengharapkan hasil capaian kelulusan yang maksimal melalui UP PPG kali ini. Ini merupakan PPG yang secara perdana didanai dari anggaran kerjasama Kementerian Agama dengan LPDP Kemenkeu RI,” tandasnya.

Selain dipantau langsung oleh direktur PTKI, Pelaksanaan UP di UINSA juga dipantau  penyelia dari Sumatera Utara , Jambi dan Semarang. Sebelum UP dimulai para penyelia berkeliling  ke seluruh ruangan memantau persiapan dan pelaksanaan UP. “persiapan dan kompetensi pengawas dalam melakukan tugas pengawasan sangat baik” ucap Dr. Zawaqi Afdal Jamil, M. Pd.I (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). Lebih lanjut, Ibu Dr. Masganti Sitorus, M.Ag. (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara) sinergi antar koordinator UP, Pengawas, IT, pengawas sangat tanggap sehingga potensi masalah bisa diminimalisir serta satu lagi penyelia yakni Prof. Dr. H. Fatah Syukur, M.Ag  (UIN Walisongo Semarang) merasa takjub dengan Kerjasama solid dari tim di LPTK UINSA yakni pelibatan pengawas dari seluruh Fakultas se UINSA dalam penyelenggaraan pengawasan Uji Pengetahuan PPG/Aini.