Berita

@adminuinsa

Thursday, 21 April 2022

DELEGASI FEBI UINSA RAIH BEST DELEGATE FUTURE LEADER EXCHANGE BATCH 3 DI TURKI

UINSA Newsroom, Kamis (21/04/2022); Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya berhasil menjadi delegasi terbaik Future Leader Exchange Batch 3 di Istanbul, Turki. Adalah Muhibbul Zibbri yang berhasil menjadi best delegate dalam kegiatan International Conference and Paper Presentation yang digelar Student Leadership Academy pada tanggal 3- 12 April 2022.

Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah ini mengangkat judul paper One Mosque One Machine: Utilization of Cash Waqf for Carbonization Technology Through Excalation Religious and Socio Prosperous Campus Society. Penelitian ini menjadi sebuah model baru dalam pengelolaan sampah dengan memproses sampah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis. Penelitian ini nantinya melibatkan pihak organisasi masjid kampus dalam menghimpun dana wakaf sebagai pendanaan project. Tujuan dari penelitian ini berupa program “One Mosque One Machine” yang diharapkan dapat meningkatkan keagamaan para masyarakat di lingkungan kampus dan luar kampus melalui pelaksanaan wakaf dan dapat meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat dengan adanya lapangan pekerjaan baru.

Hasil dari kegiatan Future Leader Exchange batch 3 adalah yang menjadi Best Delegate yaitu Muhibbul Zibbri dari Mahasiswa S1 Ekonomi Syariah, UINSA Surabaya, Best Speakerdiraih Tesya Ikrima, Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Indonesia, dan Best Paper diraih Muh. Firdaus Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Menjadi delegasi terbaik bukan hal yang mudah bagi Muhibbul Zibbri dengan mengalahkan delegasi-delegasi terbaik mahasiswa Indonesia. Melewati 3 tahap seleksi berkas, motivation later, presentasi paper, dan wawancara Bahasa Inggris hingga dinyatakan lolos untuk berangkat. Di Istanbul banyak pengalaman dan kegiatan yang dilakukan. Baik International Conference di Tugva, International Meeting dengan mahasiswa internasional yang ada di Bab-I Alem, dan melakukan presentasi paper di depan mahasiswa internasional dan juri dari Turkuaz. “Pengalaman hari terakhir menikmati historical place yang ada di Istanbul sangat bangga rasanya serta bersyukur dapat diberangkatkan menjadi delegasi oleh universitas,” ujar Muhibbul Zibbri.

Adanya pandemi tidak menghalangi niatnya untuk terus berprestasi di kancah internasional. Jarak tidak menjadi penghalang untuk terus berkomunikasi sekaligus berdiskusi dengan civitas akademik untuk mewakili almamater UINSA di Istanbul, Turki. Kegiatan ini menjadi suatu wadah untuk belajar, mengembangkan potensi diri, dan memperluas relasi.

Dengan optimisme, usaha, doa yang kuat, dan dukungan dari berbagai pihak, Muhibbul Zibbri berhasil mengharumkan nama kampus di tingkat nasional dan internasional. Tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mendoakan. Serta berharap kepada para civitas mahasiswa UINSA untuk terus aktif dan produktif di berbagai even di luar kampus. UINSA JAYA!!