Berita

CETAK CALON PEMIMPIN MASA DEPAN, FTK ADAKAN LEADERSHIP CAMP DAN RAKER ORMAWA

Pada hari Sabtu, 26 Februari 2023 bertempat di Hotel Permata Biru Trawas, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya melaksanakan kegiatan dengan tajuk Leadership Camp dan Rapat Kerja Organisasi Mahasiswa (DEMA, SEMA, HIMA PRODI). Kegiatan yang dihadiri oleh Dekan, jajaran Wakil Dekan, Ketua dan Sekertaris Jurusan, Ketua dan sekertaris prodi, koordinator dan subkoordinator, tenaga kependidikan, serta ketua, sekertaris, bendahara ormawa. Kegiatan  yang dilaksanakan selama dua hari ini bertujuan untuk membekali pengurus organisasi mahasiswa yang telah dilantik pada hari Jum’at 24 Febrari 2023 lalu menjadi pemimpin di organisasinya masing-masing dan kelak menjadi pemimpin di masa depan.

Kegiatan yang dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, M.Pd ini mengawali rangkaian acara leadership camp. Dalam sambutannya, Dekan memberikan motivasi kepada pengurus ormawa. “Sosok seorang pemimpin ibarat sebuah gunung, semakin tinggi gunung semakin berat yang ia hadapi” tutur Prof. Thohir. Selain itu juga disampaikan bahwa kampus merupakan tempat mengasah bukan tempat berkeluh kesah. Kampus memliki tanggungjawab moral dalam mencetak masa calon-calon pemimpin di masa depan. Sebagai leader harus kaya akan wawasan. Skill paling essensial yang harus dimiliki pemimpin adalah mengambil keputusan . Diakhir sambutannya Dekan menyampaikan harapannya untuk para pengurus ormawa. “Kami berharap seluru jajaran SEMA, DEMA, dan HMP bisa bersama-sama memberikan yang terbaik untuk FTK” tutupnya.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampain materi secara panel oleh para wakil dekan. Mengawali materi panel, Dr. Achmad Muhibbin Zuhri, M.Ag selaku Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan sebagai penanggungjawab oraganisasi mahasiswa. Beliau menyampaikan apresiasi  atas dukungan jajaran pimpinan yang ikut hadir memberikan dukungan kepada teman-teman pengurus SEMA, DEMA dan HMP. Kemudian materi dilanjutkan oleh Prof. Dr. Jauharoti Alfin, M.Si selaku Wakil Dekan bidang AUPK. Beliau menyampaikan terkait aturan penyelenggaraan kegiatan yang dibiayai oleh DIPA dan aturan pelaporannya. Materi disambung oleh Prof. Dr. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag selaku Wakil Dekan Bidang Akademik.  Beliau menitik beratkan terikait kegiatan akademik kepada para pengurus ormawa. “Teman-teman harus mematahkan stigma aktivis kuliahnya ‘ndlewer’. Belajar bukan hanya perkuliahan di kelas, tetapi di organsasi juga merupakan proses belajar” tukas Prof. Husniyah.

Ketua SEMA FTK, Rikza menyampaikan terimakasih kepada jajran pimpinan FTK yang telah menginisiasi kegiatan ini. “Dengan kegiatan ini kami dibekali agar  memiliki jiwa kepemimpinan dan bisa menerapkannya selama periode kepengurusan” tuturnya.  Kegiatan diakhiri dengan rapat koordinasi dan rapat kerja antara pengurus ormawa dengan jurusan dan prodi. Ketua dan sekertaris jurusan beserta ketua dan sekertaris prodi mendampingi diskusi penyusunan program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh masing-masing ormawa. Akhirnya selamat bertugas para pengurus SEMA, DEMA, dan HMP. Semoga kelak menjadi calon pemimpin yang amanah. (FTK)