Penerbitan Buku

Buku Ajar Integrasi Keilmuan Twin Towers

Penulis : Dr. Fikry Zahria Emeraldien, S.I.Kom., M.A; Dr. H. Luthfi Hakim, M.Ag.; Prof. Dr. Nur Lailatul Musyafa’ah, M.Ag.; Dr. Fikri Mahzumi, S.Hum., M.Fil.I.; Dr. Ria Qadariah Arief, M.Kes.; Dr. Rizka Safriyani, S.S., M.Pd.; Dr. Lilik Rahmawati, S.Si., M.E.I.; Hj. Siti Azizah, S.Ag., M.Si.; Mochammad Nginwanun Likullil Mahamid, M.Hum.; dan Dr. Abdur Rohman, M.Ud.
Penyunting : M. Yusuf
Desain Sampul : Ucup
Layouter : Ucup
Hlm : viii + 192 hal; 14,8 x 21 cm
ISBN : Proses

Sinopsis:

Buku ajar “Integrasi Keilmuan Twin Towers” ini mengangkat paradigma integratif antara ilmu agama dan ilmu umum yang dikenal dengan pendekatan Twin Towers—sebuah model pengembangan keilmuan khas perguruan tinggi Islam yang mengedepankan sinergi antara wahyu (wahyu Ilahi) dan akal (hasil pemikiran manusia). Buku ini disusun untuk memberikan pemahaman konseptual dan aplikatif kepada mahasiswa, dosen, dan akademisi tentang bagaimana pendekatan integrasi ini diimplementasikan dalam proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Melalui pembahasan yang sistematis, buku ini mengupas dasar epistemologis dari pendekatan Twin Towers, menjelaskan prinsip-prinsip integrasi keilmuan dalam konteks pendidikan tinggi Islam, serta menyajikan contoh-contoh praktis integrasi dalam berbagai disiplin ilmu. Buku ini juga mengevaluasi tantangan dan peluang dari implementasi model ini dalam membangun peradaban ilmu yang inklusif dan transformatif.

Dengan gaya bahasa yang lugas namun akademis, buku ajar ini sangat relevan dijadikan referensi dalam mata kuliah Filsafat Ilmu, Integrasi Ilmu, dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di perguruan tinggi keagamaan. Buku ini juga penting bagi para pengelola pendidikan tinggi yang ingin menerapkan paradigma integrasi keilmuan sebagai landasan visi kelembagaan.