Berita

Tepat 13 Maret 2024, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) ditetapkan berhasil meraih status akreditasi unggul oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), setelah melalui proses konversi dari status sebelumnya (Terakreditasi A). Proses tersebut melibatkan pengisian instrumen suplemen konversi yang berkualitas tinggi dan memadai.

Proses pengajuan konversi status dari A menjadi Unggul tidaklah mudah. Namun, melalui dedikasi dan komitmen yang kuat, Prodi PAI dengan difasilitasi oleh Rektorat melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan dukungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) serta Jurusan Pendidikan Islam (PI) mampu memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di lingkungan tersebut.

Salah satu poin penting dalam proses konversi tersebut adalah pengisian instrumen suplemen yang berkualitas. Instrumen tersebut tidak hanya menjadi syarat formal, tetapi juga menjadi cerminan dari komitmen Prodi PAI untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran di bidang Pendidikan agama Islam.

Dalam sebuah pernyataan, Ketua Prodi PAI, Dr. Muhammad Fahmi, M.Hum, M.Pd, menyatakan, “Kami sangat bersyukur dengan pencapaian ini. Akreditasi unggul bukanlah akhir dari perjalanan kami, tetapi merupakan awal dari komitmen kami untuk terus meningkatkan standar pendidikan dan pengajaran di bidang Pendidikan agama Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya.”

Tak hanya meraih status akreditasi unggul, tetapi Prodi PAI juga memberikan perhatian khusus terhadap kualitas suplemen yang diisikan. Suplemen yang berkualitas menjadi jaminan bahwa setiap aspek pendidikan agama Islam yang disajikan akan memberikan manfaat yang maksimal bagi para mahasiswa dan masyarakat.

Di sisi lain, Dekan FTK UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, M.Pd, mengatakan bahwa “Setelah berkali-kali meraih akreditasi “A”, kini Prodi PAI ter-konversi menjadi “Unggul”. Hal ini -setidaknya- karena 3 (tiga) hal penting, yaitu: banyaknya SDM Dosen yang sudah memiliki Jafung Guru Besar dan Lektor Kepala, melimpahnya karya ilmiah, dan lulusan yang cepat terserap di pasar kerja sesuai dengan profil lulusannya.

Keberhasilan ini juga tidak lepas dari dukungan semua pihak yang terlibat, baik dari dosen, staf, maupun mahasiswa Prodi PAI. Dengan semangat kolaborasi yang kuat, Prodi PAI terus bergerak maju untuk menjadi pusat pendidikan agama Islam yang unggul dan berkualitas di tingkat nasional.

Dengan demikian, akreditasi unggul yang diikuti oleh suplemen berkualitas menjadi bukti nyata bahwa Prodi PAI siap menjadi pilar utama dalam pengembangan pendidikan agama Islam kontemporer yang relevan, dan berdaya saing tinggi. (fah)