Berita

Surabaya, 20 Maret 2024 – Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya bekerja sama dengan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kominfo menggelar acara bertajuk Ekspresi Diri dan Peluang Besar di Era Serba Digitalisasi. Acara ini berlangsung di Auditorium UIN Sunan Ampel dan dihadiri oleh sekitar 500 mahasiswa dari berbagai fakultas di UIN Sunan Ampel.

Acara yang dimoderatori oleh Novie Andriani Z, S.Sos., M.E., seorang dosen UIN Sunan Ampel ini dihadiri oleh beberapa narasumber: Moh. Ilham, M.M., (seorang Dosen di UIN Sunan Ampel), Hani Purnawanti, S.E., M.M., (Pengurus Relawan TIK Indonesia), dan Muhajir Sulthonul Aziz, S.Kom., M.I.Kom.( seorang Praktisi Digital Marketing). 

Acara ini berfokus pada pembahasan budaya digital, serta peluang dan tantangan yang dihadapi oleh para remaja dalam mengakses dunia digital. Para narasumber memberikan wawasan dan perspektif mereka mengenai pentingnya literasi digital terkait dengan budaya digital yang kaya akan nilai-nilai Indonesia.

“Literasi digital terkait budaya digital sangat penting untuk kita semua, khususnya anak muda. Kita di Indonesia banyak kaya akan budaya. Banyak budaya baik Indonesia yang layak diviralkan di kancah internasional. Jangan hanya yang viral budaya buruk, seperti budaya ghibah, judi, korupsi dll.” ucap Ilham.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang melibatkan beberapa mahasiswa untuk berbagi pandangan dan pengalaman mereka terkait topik yang dibahas. Antusiasme dan lancarnya jalannya acara menunjukkan minat yang besar dari peserta terhadap topik yang diangkat.

Acara ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik bagi mahasiswa mengenai pengaruh dan potensi budaya digital dalam kehidupan sehari-hari, serta memberikan inspirasi untuk menjaga dan mempromosikan budaya Indonesia secara positif di era digitalisasi saat ini.