Berita

Pendidikan Profesi Guru

Friday, 29 July 2022

50 PENGAWAS UJI PENGETAHUAN DARI LPTK UIN SUNAN AMPEL SURABAYA MENGIKUTI REFRESHMENT KEPENGAWASAN UP UKMPPG

Jum’at 29 Juli 2022. Panitia Nasional menggelar acara refreshment kepengawasan Uji Pengetahuan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UP UKMPPG) secara daring melalui platform zoom meeting

Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi salah satu Tempat Uji Kompetensi (TUK) dari sepuluh TUK Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jaringan Berbasis Domisili se Indonesia. Refreshment pegawas Uji Pengetahuan periode Juli 2022  diikuti oleh 495 pengawas dari 10 LPTK, 50 diantaranya dari LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya. Dari 50 pengawas, 26 pengawas akan berutugas pada sesi I dan 24 pengawas pada sesi II.

Materi terkait Evaluasi Kepengawasan dan Kepenyeliaan disampaikan oleh Bapak Dr. Subanji, S.Pd, M.Si. beliau memaparkan terkait tujuan UP dan makna UP berbasis domisili yakni peserta berada di tempat tinggal (domisili) masing-masing atau tempat yang dipilih oleh mahasiswa dengan pertimbangan akses internet. Selanjutnya beliau menyajikan gambaran peserta UP berdasarkan masa kerja, keikusertaan UP hingga gambaran peserta UP berdasarkan domisili. Dan yang menjadi catatan penting dari beberapa kali kepegawasan adalah masih adanya pengawas yang kurang bersungguh-sungguh dalam melakukan pengawasa seperti sambil menguji, bermain HP, menyerahkan tugas kepengawasan kapada orang lain olehnya itu melalui kegiatan refreshment diharapkan bapak ibu pengawas memahami dan menjalankan tugas dan tanggunjawabnya secara profesional.

Selanjutnya, Prof. Dr. St. Budi Waluya, M.Si. memaparkan materi terkait  panduan peserta UP UKMPPG dalam jaringan berbasis domisili diantarnya : Spesifikasi minimal perangkat yang akan digunakan oleh peserta pada saat UP, persiapan sebelum mengikuti UP, hal-hal yang perlu diperhatikan peserta ketika mengikuti  hingga selesainya pelaksanaan UP. Tak lupa disampaikan juga terkait tata tertib yang harus dipatuhi.

Paparan materi terkait kepengawasan disampikan oleh ibu Suryanti. Seorang pengawas bukan hanya bertugas pada saat hari pelaksanaan UP serta setiap pengawas mengawsi peserta paling banyak 20 orang dalam satu sesi ujian. Tahapan persiapan seorang pengawas salah satunya membuat Whatsapp Group untuk mengakomodir setiap peserta yang ada di kelas masing-masing serta mengecek kesiapan peserta dan mempersipkan link zoom pengawasan. Sebelum pelaksanaan ujian pengawas dan peserta melakukan uji coba sistem UP terlebih dahulu untuk meminimalisir kendala saat hari H. Pengawasan Uji Pengetahuan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sesuai dengan pedoman yang ada.

Untuk menjadi pengawas juga harus dibekali dengan ilmu terkait sistem yang akan digunakan pada saat UP materi termasuk cara setting zoom meeting yang akan digunakan dalam pengawasan materi ini disampikan oleh bapak Afath Yanuarto.

Materi terahkir yakni paparan materi terkait sistem yang akan digunakan saat UP disampikan oleh bapakDr. Restu Widiatmono, S.Si., M.Si. beliau memaparkan secara rinci teknis intasalasi dan cara mengatasi beberapa kendala/eror ketika meginstall atau mengoperasikan sistem UP UKMPPG serta dengan langkah-langkah ketika mengikuti ujian, pesan beliau sebelum mengerjakan soal peserta dipastikan mengecek terlebih dahulu kesesuaian bidang studinya. (Aini).