Column UINSA

Zakat, Menelisik Kesejahteraan Masyarakat Masa Umar ibn Abdil Aziz

Oleh: Lian Fuad

Masa kejayaan islam pernah terjadi dimasa kekhalifaan umayyah, kejayaan itu terjadi pada masa pemerintahan khalifah umar ibn abdil aziz. Beliau merupakan khalifah kedepalan dari bani umayyah. Nama lengkap beliau adalah Abu Hafs Umar ibn Abdil Aziz ibn Marwan ibn Alhakam Alqorsy. Beliau diasuh oleh paman-pamanya dari keluarga umar ibn khattab yang banyak mempengaruhi kehidupan pribadi beliau yang juga mewarisi sifat-sifat dari khalifah kedua Umar ibn Khattab.

Kehidupan beliau dipenuhi dengan tempaan tanggung jawab sebelum beliau menjadi khalifah. Sebelum itu, beliau pernah gubernur madinah al-munawwarah setelah itu dilanjutkan menjadi gubernur hijaz, setelah itu menjadi gubernur damaskus. Kepemimpinan beliau tidak berhenti sampai disitu saja, beliau pernah menjadi mentri dan penasehat khalifah.

Tempaan jabatan gubernur dan mentri menjadikan karir beliau menjulang keatas yang dibarengi sifat adil dan tidak memandang jabatan dan pangkat. Semua orang didepan beliau mempunyai posisi yang sama. Yang ada didalam pandangan beliau adalah kesejahteraan rakyatnya.

Pada tahun 99 H, beliau ditahbiskan menjadi khalifah bani umayyah menggantikan khalifah sulaiman ibn abdil malik yang meninggal, yang mana beliau sebelum itu di angkat menjadi putra mahkota.

Banyak inovasi yang beliau lakukan ketika kepemimpinannya. Inovasi kepemimpinan berorientasi pada kesejahteraan rakyat. Beliau menganggap jabatan publik adalah bentuk pengabdian dan tanggung jawab, bukan fasilitas yang bisa digunakan untuk hidup hedonis. Sikap beliau sangat jelas sekali dalam pidato pengangkatan khilafah “wahai orang-orang, aku dicoba menjadi khalifah tanpa bisa memilih, tidak juga meminta, tanpa ada musyawarah”.

Kebijakan populer yang dilakukan beliau adalah mencabut semua fasilitas para pejabat yang melebihi kehidupan dalam mengemban tugas. Semua jenis pemborosan harus dikembalikan ke baitul mal. Tentu saja ini banyak menimbulkan gejolak diantara intern pemerintahan beliau. Tetapi kebijakan ini bukan hanya kebijakan untuk bawahannya, beliau memberikan contoh dengan mengembalikan fasilitas yang berlebihan ke baitul mal

Pada masa beliau, negara mencapai puncak kesejahteraan. Zakat terkumpul dalam jumlah yang sangat besar. Kesejahteraan pada masa beliau terekam dengan sangat baik di buku-buku sejarah, salah satu cerita yang masyhur adalah ketika beliau menyuruh Yahya ibn Said untuk memungut zakat di benua Afrika. Setelah itu, beliau bermaksud untuk membagikan harta zakat ke fakir miskin, anehnya beliau tidak menemukan orang yang mau menerima zakat karena tidak ada orang miskin. Lalu oleh beliau harta zakat itu digunakan untuk memerdekakan budak.

Kesejahteraan masyarakat sampai-sampai dalam sejarah islam disebutkan bahwa umar ibn abdil aziz pernah menyuruh membeli gandum dan menaburkan diatas gunung, jangan sampai ada burung yang lapar ketika masa pemerintahannya. Ini adalah bukti bahwa zakat mampu untuk mengubah kesejahhteraan negara.