Berita

Menjelang libur Nasional Hari Raya Idul Fitri tahun 2023, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA Surabaya) melaksanakan Rapat Evaluasi Triwulan I pada Kamis, (13/04/2023)

Rapat triwulan I membahas evaluasi kinerja manajem mulai dari Dekan, Wakil Dekan I, Bidang Akademik, Wakil Dekan II, Bidang Administrasi Umum, Perencanaan Keuangan (AUPK),  Wakil Dekan III, Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Kepala Laboratorium dan Gugus Kendali Mutu (GKM) FISIP UINSA Surabaya. Tujuan dari rapat evaluasi ialah mengidentifikasi, mengukur, melaporkan, menganalisis, dan memberikan feedback atas kinerja sub Bidang dari bulan Januari sampai bulan April 2023.

Wakil Dekan I, Dr. Iva Yulianti Umdatu Izzah, M.Si menjelaskan sejumlah kerja telah dilakukannya secara maksimal mulai melakukan review terhadap kurikulum di tiga program studi (Hubungan Internasional, Ilmu Politik dan Sosiologi), melakukan Akreditasi Prodi Ilmu Politik dan Hubungan Internasional, berhasil menaikkan capaian jumlah tingkat Kelulusan Tepat Waktu (KTW) mahasiswa, dengan dilakukan pendampingan oleh fakultas, diikuti pendampingan yang dilakukan oleh masing-masing program studi, hingga berhasil menyusun dan menyiapkan kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka atau yang dikenal kurikulum MBKM yang rencananya akan diberlakukan di Kampus UINSA Surabaya. Tidak berhenti disitu, menurutnya, Prodi Hubungan Internasional saat ini telah melakukan akreditasi internasional.

Sementara itu, Wakil Dekan III, Dr. Moh. Syaeful Bahar, M.Si juga memaparkan sejumlah capaian kerja bidang kemahasiswaan dan kerjasama, diantaranya bidang kerjasama yang telah dilakukan berupa kerjasama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gresik, kerjasama penyusunan hasil analisis rekomendasi kinerja Bupati/Pemerintah Kabupaten Gresik, MoU dan MoA dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang terkait penyusunan dua Ranperda dan Naskah Akademik, MoA dengan Pemerintah Kabupaten Bangkalan terkait pendidikan demokrasi di Bakesbangpol Kabupaten Bangkalan, Kerjasama dengan Kemendesa RI terkait pendamping desa dan kajian Glokalisasi Desa, dan telah dibentuk penanggung jawab, melakukan Komunikasi dengan DPRD Kabupaten Sumenep terkait bimtek Anggota, melakukan komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Pamekasan terkait penyusunan Ranperda dan Naskah Akademik, melakukan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait kerjasama riset mitigasi bencana dan riset kerawanan Pemilu.

Adapun kerjasama internasional, telah dilakukan komunikasi dengan PCINU Malaysia, Thailand dan Brunai terkait kerjasama pengabdian kepada masyarakat, dan komunikasi dengan sejumlah perguruan tinggi di Malaysia. Sedangkan kinerja bidang kemahasiswaan, Wakil Dekan III telah memberi pelayanan kepada seluruh mahasiswa, pendampingan organisasi mahasiswa seperti Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Senan Mahasiswa (SEMA), Organisasi Jurnalistik Parlemen, Organisasi Himpunan Mahasiswa, dan sejumlah organisasi tersebut sudah disediakan kantor, pendampingan prestasi mahasiswa melalui program “FISIP Juara“. Berikutinya ialah terkait dengan alumni yang telah dilakukan komunikasi dengan Ikatan Alumni FISIP. Kemudian yang terakhir, pengelolaan media fakultas seperti pengelolaan platform sosial media ( Website, Podcast Youtube, instagram dan tiktok ) yang telah dibentuk tim pengelola media dan telah melaksanakan one day one post, serta telah dilakukan evaluasi secara rutin.

Namun demikian, Moh. Syaeful Bahar, M.Si menyebutkan bahwa masih terdapat catatan atau pekerjaan rumah di bidang kemahasiswaan terutama pada program FISIP Juara karena kendala minimnya sumberdaya manusia. Dirinya menyampaikan bahwa terkait program FISIP Juara, ke depan akan melibatkan sekretaris program studi untuk mendampingi mahasiswa yang memiliki potensi agar berprestasi.

Adapun kinerja laboratorium, Muhammad Qobidl Ainul Arif, M.A, Kepala Laboratorium FISIP menjelaskan telah melakukan kegiatan manajemen pengelolaan jurnal seperti telah melaksanakan pelatihan OJS, Couching Klinik Jurnal, koordinasi dan mitigasi submisi akreditasi jurnal, penugasan dosen untuk penulisan jurnal. Selain itu, laboratorium juga sedang melakukan riset berbasis lab dalam bentuk riset kolaborasi dosen dan mahasiswa, yang nantinya output laporannya berupa artikel jurnal, juga telah menfunsikan laboratorium sebagai media praktik bagi mahasiswa.

Sementara itu, Gugus Kendali Mutu (GKM) FISIP UINSA Surabaya juga melaporkan kinerja GKM dalam beberapa bulan terakhir seperti pemantauan terhadap perkuliahan, pemantauan terhadap rencana pembelajaran semister (RPS) dan melakukan pendampingan penyesuaian RPS dosen dengan template yang sudah ditetapkan. Capaian kinerja sampai saat ini menurut GKM dari sisi ketertiban dosen dalam mengaploud RPS sudah lebih baik dari sebelumnya.

Laporan kinerja terakhir dari Wakil Dekan II, bidang AUPK. Dr. Aniek Nurhayati, M.Si menyampaikan, bahwa telah dilakukan kegiatan briefing secara rutin kepada semua manajemen, dosen dan tendik di FISIP, pendampingan sistem penilaian angka kredit dosen, dan melakukan perawatan terhadap fasilitas-fasilitas yang dimiliki fakultas.

Menanggapi semua laporan yang telah dijelaskan, Dekan FISIP UINSA, Dr. Abd Chalik, M.Ag mengatakan, bahwa semua manajemen telah bekerja semaksimal mungkin, ada target yang telah tercapai ada juga yang belum berikut dengan tantangan-tantangan yang dihadapi. Dirinya juga menyampaikan, bahwa semua yang hal yang dilakukan oleh manajemen ialah dalam rangka mewujudkan IKU-IKT Rektor dan IKU-IKT FISIP.  Menurutnya semua pihak harus berada pada payung yang sama dan semangat yang sama untuk mewujudka impian FISIP.

(umam)