Berita

@adminuinsa

Tuesday, 29 March 2022

UINSA RESMI BUKA LAYANAN INOVASI SAMSAT KAMPUS

UINSA Newsroom, Selasa (29/03/2022); Pembukaan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Kerjasama antara bank Jatim Cabang Syariah Surabaya dengan Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur dan UIN Sunan Ampel Surabaya, resmi digelar di Ruang Layanan Terpadu Lt. 1 Gedung Twin Towers B UINSA Surabaya, Selasa, 29 Maret 2022. Peresmian ini dihadiri langsung Rektor UINSA Surabaya, Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., M.A., Ph.D.; Perwakilan Bapenda Jatim, Dr. Nur Baiti Isnaini, M.Ak.; dan Pemimpin Sub Divisi Operasional Jaringan dan Layanan Syariah Bank Jatim Syariah, Nono Taryono.

Dalam kesempatan ini, Rektor menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kerjasama baik dengan Bapenda dan Bank Jatim Syariah sehingga Pembukaan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor  di UINSA Surabaya dapat berjalan dengan baik. Inovasi layanan bertajuk Samsat kampus ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi civitas akademika, termasuk masyarakat di sekitar kampus agar lebih mudah melakukan pengurusan pajak kendaraan bermotor. “Ini adalah yang pertama di Surabaya dari 13 kampus. Terima kasih, ini sebuah kehormatan bagi UIN Sunan Ampel Surabaya,  yang sudah dipilih sebagai tempat untuk melakukan control exchange dari Samsat Kampus ini,” ujar Prof. Masdar. 

Rektor juga berharap, agar program ini berjalan dengan maksimal sehingga bisa memberikan kontribusi positif dan produktif bagi pendapatan Provinsi Jawa Timur. Sebagai salah satu program unggulan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa,  Rektor mengharapkan, agar keberadaan samsat kampus ini juga akan membantu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa taat pajak. “Mudah-mudahan program ini, memberikan manfaat yang sangat-sangat konstruktif dan sangat produktif untuk pengembangan ekonomi dan  juga pendapatan Provinsi Jawa Timur,” harap Prof. Masdar.

Sementara itu, Perwakilan Bapenda Jatim, Dr. Nur Baiti Isnaini, M.Ak., menjelaskan bahwa kesan rumit dari pengurusan pajak diharapkan dapat berubah dengan adanya program inovasi samsat kampus. “Mungkin dengan cara itulah, akan ada edukasi yang disampaikan. Misalnya, bahwa membayar pajak itu mudah seperti membayar di minimarket cukup dengan STNK dan KTP,” ujar Dr. Nur Baiti.

Pemimpin Sub Divisi Operasional Jaringan dan Layanan Syariah Bank Jatim Syariah, Nono Taryono juga menambahkan, UINSA menjadi satu-satunya PTKIN yang terpilih menjadi lokasi dari program inovasi samsat kampus dan bekerjasama dengan Bank Jatim Syariah. “Yang lainnya konvensional,” imbuh Nono Taryono.

“Mudah-mudahan, ini menjadi awal bagi kami untuk bermitra dengan layanan-layanan yang lain. InsyaAllah, banyak nanti yang bisa kita kembangkan. Terkait dengan layanan syariah ada di Bank Jatim Syariah ini. Dan juga sebagaimana arahan dari Bu Gubernur untuk selalu mengembangkan inovasi dan digitalisasi di bidang layanan syariah,” ujar Nono Taryono. (All/Humas)