Berita
UINSA DESTINASI KUNJUNGAN SEKOLAH MENENGAH JAWA TIMUR

UINSA Newsroom, Kamis (03/11/2022); Kunjungan dari sekolah menengah ke UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kali ini digelar secara kolektif dari dua sekolah sekaligus. Adalah MA Islamiyah Senori Tuban dan PKBM Khairunnas Surabaya yang berkunjung pada Kamis, 03 November 2022. Disambut di Ruang Amphiteater, kunjungan dua sekolah ini diikuti sekitar 200 peserta.

Hadir dalam kesempatan ini, Kepala Sekolah MA Islamiyah Senori Tuban, Drs. Gatot Utuh Santoso, Kepala PKBM Khairunnas Surabaya, Fahmi, M.Pd., beserta jajaran dewan guru dan pembimbing kedua sekolah. Hadir pula mewakili UINSA, Retno Indriati, S.Sos, MM., Sub Koordinator Bidang Kerjasama dan Kelembagaan; Dra. Ruhayati, MM., Sub Koordinator pada Bagian Kemahasiswaan dan Alumni; serta Drs. H. Nurhadi, MM., Sub Koordinator pada Bagian Akademik.

Drs. H. Nurhadi, MM., dalam sambutan mewakili pimpinan menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua sekolah telah memilih UINSA Surabaya sebagai destinasi kunjungan pengenalan kampus. Drs. H. Nurhadi, MM., juga berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi siswa-siswi terkait informasi perguruan tinggi UINSA Surabaya. “Semoga nanti apa yang kita sampaikan, kita informasikan, dapat menumbuhkan keinginan dan greget untuk bisa masuk ke UINSA Surabaya dari berbagai macam jalur,” ujar Drs. H. Nurhadi, MM.

Sementara itu, Drs. Gatot Utuh Santoso dalam sambutannya memberikan pengenalan singkat tentang MA Islamiyah Senori Tuban. Dijelakan Drs. Gatot Utuh Santoso bahwa di sekolah ini, para siswa/siswi mendapatkan materi kitab salaf. Sehingga jumlah mata pembelajaran di MA Islamiyah Senori Tuban sebanyak 34 mapel. “Lulusan MA Islamiyah Senori mendapatkan 4 ijazah sekaligus: 1. Ijazah Negara, melalui Ujian Madrasah Kemenag. 2. Ijazah Ma’arif, melalui Ujian Ma’arif. 3. Ijazah Lokal, melalui ujian kitab salaf dan praktek ibadah. 4. Ijazah Prodistik ITS Surabaya (setara D-1), melalui Tugas Akhir karya tulis paperial semi skripsi,” terang Drs. Gatot Utuh Santoso.

Drs. Gatot Utuh Santoso juga menyampaikan maksud dari kunjungan ke UINSA adalah dalam rangka memberikan spirit bagi siswa/siswi kelas XII, agar bersemangat memasuki perguruan tinggi, khususnya di UINSA. “Harapannya pilihan kuliah dapat diprioritaskan oleh mereka. Semoga Alloh memberikan kekuatan, pertolongan, dan kemudahan kepada kita semua,” ujar Drs. Gatot Utuh Santoso.

Sambutan selanjutnya disampaikan Fahmi, M.Pd. Kepala PKBM Khairunnas Surabaya ini menyampaikan bahwa PKBM yang dipimpinnya merupakan Departemen Pendidikan dibawah naungan Yayasan Nurul Hayat. Kunjungan perdana ke UINSA ini, diharapkan dapat memacu motivasi Angkatan kedua lulusan PKBM Khairunnas Surabaya dapat diterima masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, khususnya UINSA Surabaya. “Alumni kita tahun kemarin ada empat santri yang diterima di UIN Sunan Ampel Surabaya. Dua melalui jalur SBMPTN, yang 1 melalui UMPTKIN, dan 1 lagi melalui jalur Mandiri Prestasi Tahfidz 30 Juz,” ujar Fahmi, M.Pd.

Dalam kesempatan ini, para peserta kunjungan diberikan wawasan tentang Perguruan Tinggi, sekilas pengenalan kampus UINSA Surabaya, serta pengenalan akademik dan jalur masuk UINSA Surabaya. Tak lupa, para peserta juga mendapat pengenalan terkait kegiatan kemahasiswaan dan informasi beasiswa.

Dalam kunjungan ini, siswa-siswi beserta guru pendamping juga berkesempatan melakukan tanya jawab dengan narasumber terkait informasi mengenai UINSA Surabaya. Berbagai pertanyaan seputar dunia perkuliahan ditanyakan para siswa/siswi. Para peserta pun terlihat antusias mendengarkan paparan dari para narasumber. Acara ditutup dengan sesi foto bersama. (Nur/Humas)