Berita
Moh. Aryadi Purwanto, Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kantor Wilayah Jawa Timur (kiri) bersama Dr. H. Moh. Syaeful Bahar, S.Ag, M.Si., Ketua Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) UINSA Surabaya

UINSA Newsroom, Selasa (08/10/2024); UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya bersama Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) dan PT Pegadaian menggelar Roadshow The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC) 2024 dengan tema “Young Generation Innovations Towards Sustainable Future,pada Selasa, 08 Oktober 2024 secara hybrid di Gedung Student Central Kampus A. Yani UINSA Surabaya.

TGSC sendiri merupakan sebuah kompetisi ide dan inkubasi kewirausahaan sosial yang diinisiasi PT Pegadaian (Persero) bekerjasama dengan IAEI sebagai wadah inkubasi para pemuda dalam menciptakan kebermanfaatan sosial melalui wirausaha sosial. Pemuda didorong  untuk  menjadi  youth  sociopreneur melalui inovasi model bisnis atau usaha dengan melihat masalah dan kebutuhan sosial sebagai peluang untuk memberdayakan dan menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi masyarakat.

Tema  yang  diangkat  dalam TGSC tahun 2024 dinilai relevan dengan tantangan global yang tengah dihadapi saat ini. Generasi muda saat ini, dengan kreativitas dan semangatnya, memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan solusi inovatif untuk menghadapi berbagai isu lingkungan dan sosial.

Muhammad Fajrin Rasyid selaku Ketua Bidang Pengembangan Kewirausahaan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat IAEI menjelaskan, bahwa sociopreneur merupakan jembatan antara bisnis dengan sosial untuk menghasilkan nilai positif secara sosial dan bisnis yang berkelanjutan. Selain itu, dalam menghasilkan bisnis yang baik adalah dengan cara mendekati kebutuhan customer.

“Dengan memahami permasalahan atau kebutuhan customer, maka kita bisa memberikan solusi yang dikembangkan untuk menjawab permasalahan atau kebutuhan tersebut,” ujar Fajrin Rasyid.

Sementara itu Moh. Aryadi Purwanto, Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kantor Wilayah Jawa Timur dalam kesempatan yang sama menjelaskan, bahwa melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa sebagai generasi muda bangsa mendapat literasi serta memiliki inklusi untuk bertransaksi di sektor keuangan.

“Pegadaian juga membantu pemerintah dalam hal meningkatkan literasi keuangan di kalangan mahasiswa,” ujar Moh. Aryadi. Selain itu, PT Pegadaian juga berupaya meningkatkan varian produk layanan berupa Tabungan Emas dengan sistem digital yang dirasa cocok bagi kalangan mahasiswa.

Mewakili UINSA, Dr. Fatma, Kepala Pusat Karir LP2M UINSA yang dalam kesempatan ini didapuk sebagai narasumber kegiatan menjelaskan, bahwa even ini merupakan program CSR PT Pegadaian dan IAEI untuk mendorong mahasiswa agar memiliki jiwa entrepreneur.

Di tahun ketiga kerjasama ini, lanjut Dr. Fatma, diharapkan mahasiswa yang selama ini banyak tercecer memiliki usaha sendiri-sendiri, lewat mata kuliah, juga memiliki kesulitan permodalan atau tidak kesulitan tapi tidak bisa ter-up secara nasional bisa terbantu. “Mudah-mudahan dengan program ini ada wadah untuk mahasiswa,” imbuh Dr. Fatma.

Program Roadshow TGSC merupakan rangkaian agenda roadshow goes to campus PT. Pegadaian dan IAEI ke-10 di perguruan tinggi di Indonesia. Dalam roadshow ini dilaksanakan seminar sociopreneurship, serta sosialisasi TGSC 2024 dengan narasumber dari tokoh Sociopreneur lokal, PT Pegadaian, dan Pengurus IAEI baik pusat atau wilayah. (Nur/Humas)

Reportase: Full Team
Redaktur: Nur Hayati
Foto: Kamal/Cahaya
Highlight: Rian