Berita

Sidoarjo — (25/06/2024) Dalam rangka mempererat hubungan kerjasama, Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) lakukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan sejumlah lembaga mitra.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. phil. Khoirun Niam selaku Dekan FPK, Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si., selaku Wakil Dekan (Wadek) I, Nova Lusiana, M.Keb selaku Ketua Jurusan serta beberapa perwakilan dari lembaga mitra kerjasama.

Dalam sambutannya, Dekan FPK menyampaikan pentingnya memahami perkembangan problematika di lapangan dengan menerima berbagai masukan serta umpan balik terkait hubungan kerjasama yang berlangsung.

Beliau menekankan bahwa kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak dapat tercapai jika ada umpan balik (feedback) yang konstruktif. Selain itu, beliau juga menyoroti perlunya persiapan yang matang untuk program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di masa mendatang.

Sejumlah mitra menyampaikan harapannya agar mahasiswa FPK UINSA yang tergabung dalam program Magang MBKM dapat berperan lebih aktif dan memberikan manfaat nyata. Mereka berharap agar mahasiswa dapat berpartisipasi dalam kegiatan pendampingan sebagai rekan bagi guru atau pengajar.

Sebagai solusi untuk meningkatkan efektivitas kerjasama, Dekan FPK mengusulkan adanya perencanaan pendampingan yang melibatkan penguatan konseling oleh psikolog dari FPK UINSA. Pendampingan yang intensif ini diharapkan dapat memberikan dukungan lebih kepada guru atau pengajar dalam menghadapi berbagai tantangan di lapangan.

Kegiatan FGD ini diakhiri dengan kesepakatan untuk terus menjalin komunikasi yang baik dan menyusun rencana aksi yang konkret demi tercapainya tujuan bersama.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi