Berita

UINSA Newsroom, (Senin, 23/1/2023); Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) gelar Pembekalan bagi pengawas Uji Pengetahuan (UP) di lingkup Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya yang digelar secara daring dan diikuti oleh 77 Pengawas.

Uji Pengetahuan merupakan tangga puncak pelaksanaan PPG untuk meraih gelar guru profesional. “Dalam melakukan pengawasan mohon perhatikan T2S yakni : Tertib, Tenang, dan Senang” Ucap Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag, M.Pd (Dekan/Ketua LPTK UINSA). Selaku pengawas harus memastikan pelaksanaan UP berlangsung dengan tertib, dan ketika ada kendala seperti kendala sistem, jaringan dll pengawas harus tetap tenang/tidak ikut panik serta melakukan tugasnya dengan senang dan tidak membuat peserta tes menjadi tegang dan merasa tertekan.

Sesi selanjutnya, Penyampaian materi tentang kepengawasan UP oleh Ainun Syarifah, M.Pd.I (Kaprodi PPG UINSA). Dihadapan 77 Pengawas beliau memaparkan bahwa untuk kelancaran pelaksanaan UP butuh persiapan yang matang. Pada tahap persiapan, masing-masing pengawas memastikan bahwa seluruh mahasiswa yang akan mengikuti UP dipastikan sudah bergabung ke WAG sesuai pembagian ruang virtual masing-masing kemudian peserta wajib memastikan seluruh peserta yang telah bergabung telah menyiapkan perangkat yang akan digunakan pada pada saat uP yakni laptop telah terinstall SEB untuk mengerjakan soal UP dan Handphone telah terinstall Zoom untuk pengawasan pelaksanaan UP.

Selain itu pengawas juga harus memiliki bekal minimal pengoperasian zoom kepengawasan dan dashboard pengawas sehingga selain mengikuti kegiatan ini juga seluruh pengawas wajib mengikuti pembekalan dari panitia nasional, Briefing dengan penyelia serti melaksanakan Uji Coba.