Berita

SERAHKAN BANTUAN PENELITIAN, REKTOR TEKANKAN DESAIN DIGITAL KNOWLEDGE

UINSA Newsroom, Kamis (29/02/2024); Rabu, 28 Februari 2024, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menyerahkan dana bantuan penelitian tahun 2024. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Prof. Dr. H. Achmad Zaini, MA.

Ketua LP2M dalam laporannya menjelaskan, bahwa terdapat enam kluster penelitian tahun 2024. Antara lain: Penelitian pembinaan/kapasitas senilai Rp.15juta, Penelitian dasar program studi Rp.24juta, Penelitian dasar interdisipliner Rp.35juta, Penelitian pengembangan kolanorasi antar perguruan tinggi dan/atau Kementerian/Lembaga Rp.75juta, Penelitian Terapan Kajian Strategis Nasional Rp.75juta, dan Penelitian Pengembangan Kolaborasi Internasional Rp. 75juta. Total terdapat 101 proposal penelitian tahun 2024 senilai Rp.3.432.000.000,-

“Hampir semuanya memenuhi, sesuai kuotanya. Kecuali Penelitian dasar program studi. Kami sudah mengalokasikan 55 sesuai dengan jumlah program studi tapi hanya terpenuhi 23 yang sesuai administrasi dari 39 pengajuan,” terang Prof. Zaini.

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam pengarahannya menyampaikan agar para dosen serta tenaga kependidikan terus meningkatkan indeks penelitian. “Pekerjaan kita di bidang penelitian akan membantu kebersamaan kita untuk bisa mencapai nilai unggul sekaligus pemeringkatan internasional,” ujar prof. Muzakki.

Rektor juga mengingatkan pentingnya menjadi melek terhadap perkembangan dunia digital saat ini. UINSA, lanjut Rektor, telah mengembangkan desain kebijakan baru yakni Digital Knowledge. “Hari ini orang berinteraksi tidak dengan cara konvensional, manual ketemu fisik. Tapi interaksi mereka adalah interaksi digital,” lanjut Prof. Muzakki.

Desain kebijakan baru ini pun diharapkan mampu melahirkan varian desain pengembangan akademik di masing-masing Prodi. “Saya mendorong kita semua di 9 fakultas mulai melirik kecenderungan baru itu (Digital Knowledge, red),” imbuh Prof. Muzakki.

Selain itu, bantuan penelitian ini juga diharapkan menjadi stimulasi lahirnya karya-karya akademik baru. Karena hanya dengan cara ini, tegas Rektor, lembaga perangkingan internasional akan memperhitungkan UINSA. “Mudah-mudahan apa yang hari ini kita tandatangani bersama sebagai pintu masuk untuk membangun kemuliaan yang lebih besar di UIN Sunan Ampel Surabaya,” tukas Prof. Muzakki. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya
Highlight: Rian