Berita

Sejumlah dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya kembali mengikuti sesi pelatihan Master Training Massive Open Online Course (MOOC) pada hari Rabu, 29 Mei 2024. Ini merupakan pertemuan kedua dari rangkaian pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam menyelenggarakan dan mengelola MOOC Camp.

Kegiatan ini kembali menghadirkan Thomas Kauffman dari ITS Academic Writing Center sebagai coach. Dalam sesi kali ini, Thomas Kauffman menyampaikan materi yang lebih mendalam terkait dengan “Facilitating and Lesson Planning during MOOC Camp.” Fokus utama pembahasan adalah merancang berbagai aktivitas pada saat pelaksanaan MOOC Camp dan bagaimana menangani sesi di mana rencana dari partisipan adalah MOOC yang terkait dengan pengajaran Bahasa Inggris kepada anak-anak (Teaching English to Young Learners) bagi guru-guru yang mengajar anak-anak.

Pak Thomas menjelaskan berbagai strategi dan metode yang dapat diterapkan selama MOOC Camp, termasuk jenis-jenis aktivitas yang bisa dilakukan serta manajemen kelas yang efektif. Beberapa aktivitas yang disarankan meliputi pembuatan poster, brosur, diskusi panel, penanganan poin-poin yang tidak jelas (unclear points), jigsaw reading, debat, dan bahkan menghadirkan pembicara tamu. Aktivitas-aktivitas ini dirancang untuk membuat proses pembelajaran lebih interaktif dan menarik bagi para peserta.

Selain penyampaian materi, para dosen juga diminta untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok kecil. Mereka menelaah bahan yang diberikan oleh Pak Thomas dan mendiskusikan jenis-jenis aktivitas belajar yang dapat difasilitasi pada MOOC Camp serta strategi dalam mengatur proses pembelajaran. Diskusi ini diharapkan dapat membantu para dosen dalam merancang MOOC Camp yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta.

Pertemuan kedua ini merupakan bagian dari rangkaian pelatihan yang dijadwalkan akan berakhir pada pertemuan ketiga, yang akan dilaksanakan pada 12 Juni 2024 mendatang. Pada pertemuan terakhir tersebut, diharapkan para peserta sudah memiliki rencana yang matang untuk implementasi MOOC Camp di institusi masing-masing.

Dengan pelatihan ini, UIN Sunan Ampel Surabaya berharap para dosen mampu mengimplementasikan MOOC dengan lebih baik, sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih kaya dan efektif bagi para peserta didik. Pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia, khususnya dalam konteks pengajaran kepada anak-anak. (FI)