Berita

UIN Sunan Ampel Surabaya

Saturday, 13 August 2022

RUNNER UP, UINSA KUMPULKAN 13 MEDALI PESONA 1 PTKN 2022

UINSA Newsroom, Sabtu (13/08/2022); Gol terakhir dari Tim Futsal UIN Sunan Ampel (UINSA) yang bertanding di Gedung Progresif Futsal Bandung menggenapi jumlah medali yang dirah Kontingen UINSA Surabaya. Total 13 Medali berhasil membawa Kontingen UINSA meraih gelar Runner Up ajang Pekan Seni dan Olahraga Nasional (PESONA) 1 PTKN 2022.

Berada di posisi pertama, adalah Tuan Rumah PESONA 1 PTKN 2022 yakni UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan perolehan total 24 Medali. Antara lain 9 Medali Emas, 7 Medali Perak, dan 8 Medali Perunggu. Posisi ketiga diisi UIN Raden Fatah Palembang dengan total 8 Medali, 7 Medali Emas dan 1 Medali Perak.

Medali emas perdana Kontingen UINSA Surabaya disumbang Tim Basket Asuhan Choach Dimas Anis S. dan Alamsyah D. Ditengah terik panas matahari yang nyaris membakar ubun-ubun, Tim Basket UINSA Surabaya melakoni laga ketat melawan tim dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau di Lapangan Basket Kampus II UIN SGD Bandung. Laga final tersebut berhasil ditutup dengan skor mendebarkan 48:45 untuk UINSA Surabaya.

Pada hari yang sama, Kamis, 11 Agustus 2022, Cabang Tenis Meja juga berhasil mengumpulkan empat medali sekaligus. Pertandingan yang berlangsung di Gedung Anwar Musaddad Kampus I UIN SGD ini mneyumbang total dua Medali Emas untuk kategori Ganda Putra dan Putri; 1 Medali Perak untuk kategori Tunggal Putri; dan 1 Medali Perunggu untuk kategori Tunggal Putra. Termasuk cabang lomba Catur Klasik juga turut menyumbang medali Perak.

Pada hari terakhir ajang PESONA 1 PTKN 2022, Jumat, 12 Agustus 2022, Cabang Lomba Bulutangkis Ganda Putra berhasil meraih Medali Perunggu dalam laga melawan Tim UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri (SAIZU) Purwokerto. Menyusul kategori tunggal putri memperoleh Medali Perak; serta 3 Medali Emas dari Kategori Tunggal Putra, Ganda Putri, dan Ganda Campuran. Perolehan penuh Tim Bulutangkis UINSA berlangsung di GOR KONI Bandung.

Tim Musikalisasi Hadits yang berkompetisi di Kampus II UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini pun berhasil meraih Medali Perak. Disusul pada detik-detik akhir gelaran PESONA 1 PTKN 2022, Tim Futsal UINSA Surabaya melakoni laga alot melawan Tim Tuan Rumah. Kedua tim yang sama-sama tangguh ini pun berhasil memungkasi pertandingan dengan skor 2:1 untuk UINSA Surabaya.

Wakil Menteri Agama RI, Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si., dalam sambutan pada acara Closing Ceremony yang berlangsung di Gedung Anwar Musaddad Kampus I UIN SGD Bandung menyampaikan salam sapa untu kontingen melalui pantun. “Pergi ke laut menangkap ikan// Untuk dijual ke pasar swalayan// Salam sapa saya berikan// Untuk peserta PESONA sekalian//” ujarnya.

Wamenag RI juga menyampaikan rasa gembira dan bangga dapat menyaksikan proses tumbuh kembang dinamika nadi kehidupan, karya dan prestasi ribuan generasi Indonesia masa depan. Wamenag RI memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan PESONA 1 PTKN 2022. “Sebagai metamorfosis dari kegiatan sebelumnya yang bernama Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset atau PIONIR yang telah diselenggarakan sebanyak sembilan kali sebagai momentum dua tahunan,” imbuh Wamenag RI.

Baik PESONA maupun PIONIR, menurut Wamenag RI, menjadi bukti kontribusi Kementerian Agama RI bagi pembangunan sumber daya manusia. Dua dimensi kemanusiaan, Seni dan Olahraga hakikatnya adalah pembangunan fisik sekaligus mental spiritual. PESONA tidak hanya menjadi ajang silaturahmi perguruan tInggi, namun juga menjadi komitmen bersama untuk mempersiapkan generasi kuat, unggul menyambut Indonesia Emas 2045.

“Menjadi sang juara memang penting. Tetapi menjaga marwah dan jati diri mahasiswa PTKN jauh lebih penting. Oleh karena itu tetaplah semangat, teruslah berlatih, berjuang, dan membina diri sehingga menjadi pemenang sejati dalam kehidupan,” pesan Wamenag RI dalam sambutannya.

Berikut adalah perolehan medali Kontingen UINSA Surabaya pada ajang PESONA 1 PTKN 2022:

List Gold Medals
NOCABANG LOMBAKATEGORI LOMBA
1BasketballBasketball Putra
2Tenis MejaTenis Meja Ganda Putra
3Tenis MejaTenis Meja Ganda Putri
4Bulu TangkisBulu Tangkis Tunggal Putra
5Bulu TangkisBulu Tangkis Ganda Putri
6Bulu TangkisBulu Tangkis Ganda Campuran
7FutsalFutsal Putra
List Silver Medals
NOCABANG LOMBAKATEGORI LOMBA
1Tenis MejaTenis Meja Tunggal Putri
2CaturCatur Klasik Putra
3Bulu TangkisBulu Tangkis Tunggal Putri
4Musikalisasi HaditsMusikalisasi Hadits
List Bronze Medals
NOCABANG LOMBAKATEGORI LOMBA
1Tenis MejaTenis Meja Tunggal Putra
2Bulu TangkisBulu Tangkis Ganda Putra

(Nur/Humas)