Berita

Surabaya – (29/01/2024) Sebagai upaya peningkatan kualitas jurnal, Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) mengadakan Rapat Upgrading Jurnal. Terhitung hingga saat ini, FPK memiliki tiga jurnal terakreditasi nasional yakni Journal of Health Science and Prevention (JHSP), Jurnal Penelitian Psikologi (JPP), dan Indonesian Psychological Research (IPR).

Saat ini JHSP yang berada di bawah pimpinan Dr. Moch. Irfan Hadi, S.KM., M.KL. dengan mengakomodasi berbagai tulisan mengenai kesehatan masyarakat mendapatkan akreditasi sinta 3 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Sementara itu, JPP yang dipegang oleh Dr. Lufiana Harnany Utami, S.Pd., M.Si. dengan memuat berbagai artikel penelitian psikologi mendapatkan akreditasi sinta 4. Adapun IPR yang berada di bawah pimpinan Muhammad Syifaul Muntafi, M.Sc saat ini terakreditasi sinta 5.

Dalam rapat yang diselenggarakan pada hari Senin tersebut, Dr. phil. Khoirun Niam selaku Dekan FPK mengundang seluruh pengelola jurnal yang ada di FPK untuk membahas tindak lanjut guna meningkatkan kualitas dan akreditasi ketiga jurnal tersebut. Dr. phil. Khoirun Niam turut memeriksa masing-masing web jurnal yang ada serta memberikan sejumlah komentar terhadap tampilan Open Journal System (OJS) dari ketiga jurnal.

Sebelumnya, JHSP, JPP, dan IPR pernah mengalami gangguan pada OJS yang sangat merugikan performa jurnal. Gangguan OJS ini menimbulkan kerusakan konten dan beberapa kali pembaca tidak dapat mengakses sejumlah artikel dalam jurnal tersebut.

Melalui rencana strategis peningkatan kualitas ini, Dr. phil. Khoirun Niam optimis bahwa JHSP dan IPR berpotensi naik ke akreditasi internasional atau terakreditasi scopus. Adapun JPP akan diproyeksikan untuk naik ke akreditasi sinta 3 atau sinta 2. Dalam rapat ini pula telah dibagikan tugas diantaranya untuk menyiapkan persyaratan-persyaratan yang diminta dari kriteria penilaian jurnal.

Untuk mendapat akreditasi internasional scopus, semua artikel yang diterima harus mewakili lima benua di dunia. Selanjutnya, rencana kerja yang diterapkan adalah mencari sejumlah artikel dari luar Indonesia melalui jaringan pertemanan luar negeri yang dimiliki para dosen.

Dr. phil. Khoirun Niam merupakan tokoh yang sudah malang melintang di dunia pengelolaan jurnal. Salah satu kinerja beliau adalah menjadikan Journal of Indonesian Islam menjadi jurnal dengan akreditasi scopus Q1. Rekam jejak itu memberikan motivasi kepada pengelola jurnal di FPK untuk melaksanakan tugas sesuai arahan beliau.

Berikutnya, JPP yang ditargetkan mendapat akreditasi sinta 2 memerlukan artikel dari seluruh provinsi yang mewakili lima pulau besar di Indonesia. Langkah yang perlu dilakukan juga tak jauh berbeda dengan tim pengelola JHSP dan IPR, yakni dengan mencari artikel dari luar Pulau Jawa.

Rapat Upgrading Jurnal kali ini ditutup dengan pembagian tugas kepada masing-masing pengelola jurnal. Di samping itu, Dr. phil. Khoirun Niam juga menyatakan bahwa beliau akan mengonsultasikan kepada pihak universitas terkait OJS yang digunakan ketiga jurnal. Harapannya akan ada solusi konkret untuk mengatasi gangguan (peretasan) OJS dari tangan-tangan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Writer: Septi Nur Azizah
Editor: Najwa Laska Halqi, M. Ata Zaidan Taufiqi