Berita

Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Univeritas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA Surabaya) meraih akreditasi “unggul”. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Peguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 1219/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/V/2023.

Raihan akreditasi unggul ini, diperoleh setelah Prodi Sosiologi mengajukan perubahan peningkatan stutus akreditasi dari Akreditasi “A” menjadi Akreditasi “UNGGUL” kepada BAN-PT Republik Indonesia. Menurut Dekan FISIP UINSA, Dr. Abd Chalik, M.Ag, bahwa raihan akreditasi unggul prodi sosiologi menandai kometmen FISIP untuk mencapai cita-cita UINSA menjadi kampus unggul, kompetitif bertaraf internasional.

Terhadap raihan ini, Dr. Abd Chalik, M.Ag, mangaku senang, bangga dan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena impian untuk mendapatkan akreditasi unggul merupakan impian bersama yang ditunggu civitas akademika, Prodi, fakultas dan Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya.

“saya senang, bangga dan bersyukur, atas raihan ini, karena ini menjadi impian semua, bukan hanya program studi sosiologi, tetapi fakultas dan kampus UIN Sunan Ampel Surabaya”

Menurutnya, untuk mencapai predikat unggul bukanlah suatu hal yang mudah, melainkan diperoleh dengan tahapan-tahapan kecil yang telah dilakukan semua pihak dengan semangat dan kometmen yang tinggi untuk memberikan yang terbaik. Mulai dari aspek manajemen, peningkatan kapasitas sumber daya, mutu dan kualitas akademik, sampai kepada output luaran dan prestasi yang dihasilkan. Oleh karena itu capaian ini merupakan capaian yang luar biasa yang harus disyukuri oleh FISIP UINSA.

Sementara itu, Wakil Dekan I, Dr. Iva Yulianti Umdatul Izzah, M.Si melalui pesan di Group WathsApp menyampaikan ucapan selamat dan terimakasih atas sumbangsih, support, kerja keras, dan doa dari seluruh pimpinan UINSA dan civitas akademika FISIP sehingga prodi sosiologi mencapai predikat “unggul”. Dirinya berharap raihan akreditasi unggul yang dicapai prodi sosiologi juga diikuti prodi lainnya, prodi ilmu politik dan hubungan internasional.   

Tidak hanya Dekan dan Wakil Dekan, Ketua Prodi Sosiologi, Dr. Dwi Stianingsih, M.Pd.I, juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses akreditasi, termasuk kepada dosen dan alumni. Dirinya menyampaikan bahwa predikat unggul ini harus menjadi peletup semangat prodi untuk terus memberikan layanan terbaik kepada dosen dan mahasiswa.  

Selain Dekan, Wakil Dekan dan Ketua Prodi, turut menyampaikan ucapan selamat atas raihan akreditasi “unggul” prodi sosiologi, Rektor UIN Sunan Ampek Surabaya, Prof. Akhmad Muzakki, M.Ag., Grad.Dip. SEA., M.Phil., Ph.D. dengan menyampaikan selamat kepada dekan dan pimpinan fakultas, serta selamat kepada pimpinan prodi Sosiologi.  

“selamat pak dekan dan pimpinan fakultas. Selamat juga pimpinan prodi SOS. Keren!” Tulis Rektor lewat pesan Group WatshApp.

(umam)