Berita

Pendidikan Profesi Guru

Saturday, 9 July 2022

PRODI PPG LPTK UIN SUNAN AMPEL SURABAYA SAMBUT MAHASISWA PPG DALJAB PAI BATCH 2 DENGAN KEGIATAN ORIENTASI MAHASISWA

Setelah menggelar kegiatan orientasi mahasiswa PPG Daljab Madrasah Batch 2 pada Jum’at lalu, Program Studi Pendidikan Profesi Guru (Prodi PPG) LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya kembali melakukan kegiatan serupa dalam menyambut mahasiswa PPG Daljab PAI Batch 2. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan perkuliahan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) yang  akan dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2022. Sejumlah 130 mahasiswa PAI yang notabene merupakan guru PAI yang mengajar di berbagai jenjang mulai dari SD/MI, SMP/MTs, sampai dengan SMA/MA hadir dalam kegiatan orientasi yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada hari Sabtu, 09 Juli 2022.

Seluruh mahasiswa PPG Daljab PAI mulai memasuki ruang zoom untuk proses registrasi pada pukul 13.00. Di sela proses registrasi, tim panitia dan pengelola PPG menayangkan profil Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya kepada seluruh mahasiswa agar. Acara dibuka pada pukul 13.30 WIB oleh Master of Ceremony (MC) Ibu Fahmy Imaniar, M.Pd. Turut hadir Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sekaligus Ketua Pengelola PPG Daljab PAI Tahun 2022, Ibu Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan orientasi. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa PPG Daljab PAI karena telah berhasil lulus seleksi dan terpilih mengikuti program PPG dari beribu pesaing yang mendaftar seleksi. Beliau juga berpesan agar seluruh Bapak dan Ibu mahasiswa PPG Daljab PAI Batch 2 dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam mengikuti proses PPG ini, agar mendapatkan ilmu yang dapat di implementasikan kepada peserta didiknya di sekolah. “Ilmu itu bukan untuk dihafal, namun ilmu itu harus diimplementasikan agar dapat dimanfaatkan”, tutur Ibu yang biasa dipanggil dengan nama Prof Titi.

Lanjutnya lagi, beliau berharap agar menegakkan kejujuran dalam mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh dosen. Setiap tugas yang diberikan oleh dosen harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan dikerjakan sendiri, disiplin, tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, dan bertanggung jawab dengan tugas sendri dengan tidak mengcopy paste jawaban dari orang lain. Di akhir sambutannya beliau berpesan agar para peserta mempersiapkan fisik, mental, dan perangkat yang dibutuhkan saat pelaksanaan PPG, dikarenakan pelaksanaan PPG masih dalam jaringan (daring).

Hadir sebagai narasumber Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bapak Dr. H. Muh. Khoirul Rifa’i, M.Pd.I yang menjelaskan kebijakan dan mekanisme pelaksanaan PPG Daljab 2022 dan Bapak Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd, ketua tim IT LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya yang menjelaskan pengenalan dan simulasi Learning Management System yang akan digunakan pada kegiatan pembelajaran PPG. Dalam pemaparan materi terkait dengan kebijakan dan mekanisme dan pelaksanaan PPG Daljab PAI Batch 2 Tahun 2022, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya mengungkapkan bahwa ada beberapa tahapan kegiatan yang harus dijalani oleh mahasiswa PPG Daljab Batch 2 Tahun 2022. Diawali dengan Pendalaman Materi, Lokakarya Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Review Perangkat pembelajaran, Uji Komprehensif, PLP, Uji Kinerja, sampai dengan Uji Pengetahuan. Pada kuliah perdana di tanggal 11 Juli 2022, beliau menjelaskan bahwa pada kegiatan pendalaman materi, setiap modul harus dituntaskan oleh mahasiswa dalam waktu 3 hari, dimana dalam 1 modul ada beberapa tugas yang harus dituntaskan oleh mahasiswa dimulai dengan meresume materi setiap KB, Tugas Analisa bahan ajar, Tugas analisa materi dalam bentuk Problem Based Learning atau Project Based Learning, ter formatif, dan tes akhir modul. Selain itu, beliau juga menegaskan pada saat kegiatan diskusi materi dengan para dosen pengajar PPG yang difasilitasi dengan video conference, diharapkan mahasiswa hadir tepat waktu sesuai dengan yang dijadwalkan oleh dosen di LMS. Diakhir penjelasan materi, Bapak Dr. H. Muh. Khoirul Rifa’i selaku ketua program studi PPG meminta kepada semua mahasiswa untuk mempersiapkan perangkat dan pendukung dalam proses perkuliahan PPG. Dari mulai perangkat laptop, jaringan internet, hingga menyiapkan kuota internet perlu dipersiapkan mulai dari sekarang, hal ini dikarenakan proses pelaksanaan PPG yang sepenuhnya dilakukan secara virtual. “Kunci kelulusan PPG ini bergantung pada motivasi dan kerja keras Bapak dan Ibu mahasiswa, maka sederhananya ikuti seluruh peraturan dan kegiatan PPG di LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya”, ujar Ketua Program Studi PPG.

Bagian akhir dari kegiatan ini adalah pengenalan dan simulasi pengoperasian Learning Management System (LMS) yang dipandu oleh Ketua Tim IT LPK UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd. LMS yang digunakan adalah LMS SPACE dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Narasumber membimbing mahasiswa dari proses login, proses download kontrak kuliah/belajar, proses unggah tugas, memeriksa tugas dan penilaian dosen, hingga tes formatif, video conference dan proses remedial sembari menjelaskan fitur-fitur yang ada di LMS. Mahasiswa dapat mengakses LMS SPACE di alamat https://ppg.siagapendis.com. Beliau juga menginformasikan bahwa apabila nilai dalam setiap tugas kurang dari 70, maka mahasiswa harus melakukan tugas remedial yang diunggah dosen di LMS. Mahasiswa diharapkan setelah kegiatan orientasi segera bergabung pada Whats Up Grup Kelas yang akan di share kemudian. Setiap kelasnya, akan didampingi oleh Helpdesk dari LPTK yang akan membantu para mahasiswa jika menemukan kesulitan dalam mengoperasikan LMS. Di akhir pemaparannya, beliau berpesan agar setiap mahasiswa mengirim sreen shoot kepada LMS apabila ada kendala teknis dalam pengoperasian LMS agar permasalahan yang terjadi dapat diidentifikasi dan dicarikan solusi dengan baik.

Seusai narasumber kedua memaparkan materinya, panitia membuka sesi diskusi dan tanya jawab. Peserta diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada narasumber secara langsung melalui fitur raise hand dan kolom chat. Beberapa peserta sangat antusias memberikan beberapa pertanyaan meliputi hal teknis pengoperasian LMS dan pembagian kelas. Semua pertanyaan pun dijawab oleh kedua narasumber dengan sangat terperinci. Acara ditutup dengan sesi foto bersama seluruh peserta orientasi  PPG Daljab PAI Batch 2 tahun 2022.