Berita
PRODI BKI ADAKAN STUDI LAPANGAN KESEHATAN JIWA DAN PENJAJAKAN MITRA MBKM DI RSJ DR. RADJIMAN WEDIODININGRAT LAWANG MALANG

UINSA Newsroom, Jumat (18/11/2022); Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling Islam (BKI) melakukan Studi Lapangan di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang Malang pada Selasa, 15 November 2022. Kegiatan yang bertujuan menambah pengetahuan mahasiswa di bidang kesehatan jiwa ini diikuti lebih dari 100 mahasiswa BKI.  Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan penayangan profil RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat yang dipimpin Agus Sri Widodo, S.Sos., M.M. Agus pun menyambut baik kehadiran mahasiswa dan memberikan tantangan kepada mereka untuk magang dan melakukan riset di tempat ini.

Kegiatan studi lapangan ini didampingi langsung Mohamad Thohir, S.Pd.I., M.Pd.I., selaku Ketua Prodi BKI dan salah satu dosen senior, yakni Dra. Psi. Mierrina, M.Si. Mohamad Thohir menyampaikan dalam sambutan mengenai tujuan dan manfaat mahasiswa BKI mengikuti kegiatan ini. Diantara tujuannya adalah untuk mengetahui upaya penyembuhan dan pemulihan masalah jiwa serta mengetahui secara langsung kondisi dan penanganan para pasien di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat.

Kegiatan ini diharapkan memberi manfaat dalam meningkatkan wawasan serta pengalaman Mahasiswa BKI khususnya di bidang kesehatan mental. “Mahasiswa BKI juga dapat lebih mendalami perannya sebagai calon konselor dalam mengatasi berbagai masalah dan mengembangkan potensi konseli sebagaimana yang telah dipelajari pada perkuliahan,” ujar Mohamad Thohir.

Selain itu, Kaprodi BKI juga menyampaikan rencana pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang akan diikuti Mahasiswa BKI di semester 6 mendatang. Kaprodi BKI pun tertarik menjadikan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat sebagai salah satu mitra untuk tempat magang dan riset bagi mahasiswa, atau riset bersama para dosen dan psikolog di sana.

Setelah pembukaan, sesi selanjutnya adalah seminar kesehatan jiwa dengan pemateri Daisy Prawitasari Poegoeh, M.Si., yang merupakan seorang psikolog. Materi yang disampaikan mengenai psikologi klinis dan sharing tentang penanganan pasien dengan gangguan kejiwaan.

Pada sesi materi, mahasiswa BKI begitu antusias dan mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan. Tidak hanya mendapatkan materi, para mahasiswa juga mengikuti Hospital Tour dan mengunjungi Museum yang ada di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat. Kegiatan ini memberikan kesan yang membanggakan dan membahagiakan bagi mahasiswa serta dosen BKI. Mengingat hampir 2 tahun lebih setelah pandemi, akhirnya Mahasiswa BKI dapat kembali melaksanakan Studi Lapangan diluar kampus sebagai wujud pengembangan keilmuan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk melengkapi kompetensi mahasiswa yang tidak di dapat di ruang kuliah. Beberapa mata kuliah yang sangat terkait dengan kegiatan ini meliputi psikologi klinis, konseling inklusi, kesehatan mental, dan konseling rumah sakit. Semoga Mahasiswa Prodi BKI terus bisa belajar dan meningkatkan kompetensinya menuju kesuksesan,” tukas Mohamad Thohir penuh harap. (BKI/UINSA)