Berita

Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) bersama dengan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya menggelar acara Pleno Submit Akreditasi Prodi Tasawuf dan Psikoterapi (TP) secara hybrid di lantai 7 Twin Tower Tengku Ismail Yakub UIN Sunan Ampel Surabaya pada Rabu, 1 Juli 2024. Acara pleno ini merupakan bagian dari rangkaian proses akreditasi yang melibatkan berbagai tahapan sebelum asesmen lapangan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak penting dalam institusi, termasuk Wakil Rektor 2, Wakil Rektor 3, Kabiro AAKK, Dekan FUF, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Sekretaris LPM, Koordinator Pusat pada LPM, Kepala Bagian Tata Usaha dan Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) PTP FUF, Kepala Bagian Akademik, Tim Unit Pengelola Program Studi (UPPS) FUF, serta Tim Akreditasi Prodi TP.

Pleno Submit Akreditasi Prodi Tasawuf dan Psikoterapi (TP) secara Hybrid. (Sumber: dokumentasi pribadi)

Dalam sambutannya, Dekan FUF, Prof. Abdul Kadir Riyadi, Ph.D. berharap besar Prodi TP akan meraih akreditasi unggul, mengingat potensi besar yang dimiliki. Dekan FUF juga menyampaikan terima kasih atas kerja maksimal yang sudah dilakukan oleh tim akreditasi Prodi TP. Prof. Kadir juga berharap tim LPM bersedia terus mendampingi tim akreditasi hingga target dapat tercapai.

Mewakili pimpinan universitas, Kabiro AAKK, Dr. Mamat Salamet Burhanuddin, M.Ag. menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh tim akreditasi. Sebelum membuka acara secara resmi Dr. Mamat juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim dan berharap Prodi TP meraih akreditasi unggul sehingga dapat menginspirasi prodi-prodi lainnya.

Proses Submit Borang Akreditasi Prodi TP dipimpin oleh Kapus Akreditasi dan Pemeringkatan LPM UINSA, Ahmad Lubab, M.Si. (sUmber: dokumentasi pribadi)

Submisi akreditasi dipimpin oleh Kepala Koordinator Pusat Akreditasi dan Pemeringkatan, Ahmad Lubab, M.Si. Sebelum mengunggah dokumen akreditasi ke laman SAPTO BAN-PT, dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua Prodi TP, Syaifulloh Yazid, M.A., memohon kelancaran proses dan hasil akreditasi unggul. 

Terdapat total enam dokumen yang diunggah di antaranya Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED). Setelah semua berkas diunggah di laman SAPTO BAN-PT, selanjutnya akan dilakukan verifikasi oleh tim BAN-PT dan menuju ke tahap selanjutnya.

Penulis: Khalimatu Nisa