Berita

@Perpustakaan

Friday, 17 June 2022

Perpustakaan UINSA Mengadakan Aksi Sosial Donor Darah “Darahmu, Sedekahmu”

Kamis, 16 Juni 2022. Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia kota Surabaya menggelar kegiatan donor darah di Smart Room. Kegiatan yang mengusung tema “Darahmu, Sedekahmu” ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia pada tanggal 14 Juni 2022. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memenuhi protokol kesehatan baik pendonor maupun tenaga kesehatan yang bertugas.

Kegiatan perpustakaan itu selalu ada setiap tahun, dan itu bermacam-macam. Kali ini kami mencoba dengan adanya hari donor darah sedunia, maka kita ingin ikut serta meramaikan acara donor darah ini dengan bekerja sama dengan PMI Kota Surabaya. Dari perpustakaan berharap, ini awal yang baik sehingga ada kegiatan kegiatan berikutnya yang sifatnya regular. Kita berharap 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali kita bisa mengadakan kegiatan yang sama. Kita ketahui bersama donor darah ini adalah kegiatan kemanusiaan yang luar biasa karena kita bisa membantu orang orang lain, setidaknya yang mungkin bagi kita setetes dua tetes tidak terasa tapi bagi orang yang membutuhkan ini adalah nyawa. Jadi mengapa kita tidak melakukan sesuatu yang bisa kita lakukan bersama sehingga kegiatan ini saya rasa perlu di tindaklanjuti”. ungkap Ibu Irma Soraya terhadap pengadaan kegiatan sosial di Perpustakaan.

Kegiatan sosial ini diikuti lebih dari 100 pendaftar secara online maupun on the spot oleh seluruh warga UINSA dari mahasiswa, pegawai hingga dosen. Sebagai Kepala Perpustakaan, Ibu Irma Soraya bersyukur dengan antusias yang luar biasa tidak hanya dari mahasiswa, tetapi juga para dosen dan karyawan yang ingin ikut serta meramaikan acara ini. Menurut beliau kegiatan ini didukung luar biasa oleh sivitas akademika dan berharap dengan satu kegitan donor darah ini akan muncul ide-ide untuk kegiatan lainnya.

Sebagai apresiasi kepada para pendonor, perpustakaan juga memberikan doorprize untuk 5 orang pendonor pertama dan 5 undian doorprize kepada para pendonor lainnya. Hal ini bertujuan sebagai tanda terima kasih perpustakaan kepada seluruh pendonor yang sudah ikut berpartisipasi dalam acara ini dan bersukarela mendonorkan darahnya untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan.

Aksi donor darah ini merupakan yang pertama bagi saya, dan saya berterima kasih kepada Perpustakaan UINSA yang telah menyelenggarakan kegiatan ini karena kami tidak perlu pergi jauh untuk mendonorkan darah. Harapan saya semoga kegiatan ini bisa menjadi kegiatan rutin di Perpustakaan UINSA, terus dikembangkan dalam meningkatkan kepedulian civitas akademika terhadap sesama” kata Bariza salah satu mahasiswa yang ikut berpartisipasi kegiatan donor darah ini.