Berita
Pandaan, Pasuruan (13/05/2024) — Menjemput kabar baik dari Pasuruan, delegasi Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) laksanakan pertemuan dengan PT. BEHAESTEX Pandaan. Kedatangan delegasi FPK yang terdiri atas Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi., Psikolog selaku Wakil Dekan II, Prof. Dr. Rubaidi, M.Ag. selaku Wakil Dekan III, Dr. Lufiana Harnany Utami, S.Pd., M.Si. selaku kaprodi psikologi, M. Fahmi Aufar Asyraf, B.Ed., M.A. selaku dosen, Sodikin S.Pd.I selaku tenaga pendidik, beserta dua orang perwakilan mahasiswa FPK mendapatkan sambutan baik dari perwakilan PT. BEHAESTEX.

Sebelumnya, rencana kerjasama FPK dengan PT. BEHAESTEX sudah pernah dibahas namun belum mengarah pada hal-hal yang lebih teknis. Dalam pertemuan yang dilaksanakan pukul satu siang itu, Aditya Yudha Pratama selaku Junior Manager HRD PT. BEHAESTEX mengungkapkan bahwa kerjasama dengan UINSA merupakan suatu kabar baik. Hal ini mengingat adanya kesamaan visi antara PT. BEHAESTEX dan UINSA. Di samping itu, rumah produksi PT. BEHAESTEX yang sudah menjamur di seluruh penjuru Indonesia menjadi salah satu alasan perlunya mencari sumber daya manusia (SDM) yang berdedikasi dan dapat dipercaya.

Sambutan baik dari perwakilan PT. BEHAESTEX Pandaan pada pertemuan ini selanjutnya menghasilkan Perjanjian Kerjasama (PKS) secara khusus dengan FPK. Dalam draft kerjasama tersebut, telah disepakati bahwa kedepannya, PT. BEHAESTEX wajib menerima mahasiswa magang dari FPK dengan kuota sebanyak 13 mahasiswa selama enam bulan atas rekomendasi Fakultas. Selain itu, dibuka pula kesempatan magang mandiri bagi mahasiswa dengan perjanjian tersendiri kepada PT. BEHAESTEX.

Tak hanya itu, PT. BEHAESTEX juga telah menyepakati perjanjian melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pusat Karir UINSA. Dalam MoU tersebut, disepakati akan adanya Paid Internship atau magang berbayar bagi mahasiswa yang melaksanakan kegiatan magang di PT. BEHAESTEX. Berikutnya, Pusat Karir UINSA menjadi perantara bagi penyedia lowongan kerja dan pencari kerja. Terakhir, agenda Campus Hiring (menyerap SDM dari mahasiswa/lulusan UINSA) telah disepakati akan segera dilaksanakan dengan dikelola oleh fakultas.

Mendapat kepercayaan kerjasama dengan perusahaan tekstil besar seperti PT. BEHAESTEX ini merupakan kesempatan yang sangat baik. Harapannya, melalui kerjasama ini akan terbuka lebih besar kesempatan bagi lulusan FPK untuk bisa langsung terserap lapangan kerja.

Writer: Septi Nur Azizah
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi